Cara Mengaktifkan YouTube Kembali Setelah Disembunyikan

Menjadi seorang YouTuber bukan berarti sangat mudah, sering terjadi tekanan dalam berbagai hal terutama untuk mental. Beberapa YouTuber mungkin akan memilih untuk menonaktifkan atau menyembunyikan channel pribadi miliknya ketika merasa tertekan. Jika ini terjadi, jangan khawatir, masih ada cara mengaktifkan YouTube kembali bahkan setelah disembunyikan.

Banyak orang bermimpi menjadi content creator di YouTube tetapi belum siap dengan berbagai hal di dalamnya. Bisa saja sebuah akun akan ditutup ketika terjadi masalah atau berbagai hal lainnya yang tidak mudah untuk dijelaskan. Ada juga beberapa orang yang memang sengaja menonaktifkan akun karena merasa konten di dalamnya ada yang kurang menarik.

Masalah YouTube Tidak Aktif

Salah satu tanda dimana sebuah akun sudah non aktif yaitu ketika masuk ke halaman konten, ada keterangan dari YouTube langsung. Keterangan ini bertuliskan bahwa sebenarnya channel ini memiliki berbagai konten tetapi semua konten sengaja disembunyikan. Ini terjadi karena channel tengah disembunyikan dari khalayak umum, jadi tidak ada yang bisa melihat isi kontennya.

Hal seperti ini kerap terjadi memang karena pengguna memutuskan untuk menyembunyikan channel melalui pengaturan di Google Account. Akun yang diatur untuk disembunyikan sebenarnya bukanlah akun yang kemudian dihapus tetapi lebih ke memasang setting ke private.

Berbagai aktivitas seperti menonton video, menyukai, hingga men-subscribe masih tetap bisa dilakukan tetapi hanya dinikmati sendiri. Kekurangannya hanyalah ketika mengunggah video atau berkomentar di video lain, orang lain tidak akan bisa menontonnya. Membuat playlist video kesukaan juga tidak lagi bisa dilakukan, harus terlebih dulu mengaktifkan channel lagi.

Mengaktifkan Channel Setelah Disembunyikan

Sebenarnya, cara mengaktifkan YouTube kembali terbilang sangat mudah dan langkah di dalamnya juga hanya sedikit. Berikut bagaimana mengaktifkan lagi channel YouTube setelah dinonaktifkan:

  • Masuk terlebih dulu ke dalam akun, akun yang dimasukkan sesuai dengan akun pada Google karena keduanya terhubung secara langsung.
  • Setelah masuk ke dalam akun, bukalah opsi untuk membuat channel kemudian akan ada beberapa formulir yang perlu diisi. Di dalam pembuatan, jangan menekan penggunaan nama bisnis karena tombol tersebut akan mengarahkan pada pembuatan channel baru. Cukup isi formulir lalu lanjutkan supaya channel tersembunyi bisa diaktifkan lagi.
  • Jika sudah selesai, tinggal set ulang channel menjadi terbuka untuk public supaya semua video dan playlist bisa diakses kembali.

Mengaktifkan Akun Bisnis

Sebenarnya, di YouTube sendiri terdapat dua jenis akun untuk pengelolaannya yaitu akun bisnis serta pribadi. Mengaktifkan lagi akun bisnis yang sebelumnya dinonaktifkan ternyata berbeda dengan yang ada di akun pribadi. Berikut ini langkah lengkapnya:

  • Buka YouTube kemudian masuk terlebih dahulu ke dalam akun YouTube yang dimiliki.
  • Setelah masuk, klik di bagian foto profil untuk memunculkan berbagai menu di dalamnya
  • Jika sudah, pilihlah menu Setelan untuk masuk ke pengaturan lengkap
  • Kemudian tinggal masuk ke dalam menu Akun kemudian pilih Tambahkan atau kelola channel untuk mulai mengedit
  • Setelah itu, pilihlah channel yang tersembunyi kemudian YouTube akan meminta pembuatan channel baru.
  • Hanya perlu menekan OK ketika ada penawaran tersebut kemudian satu akun bisnis yang sebelumnya non aktif, bisa kembali diaktifkan.

Itulah dia bagaimana cara mengaktifkan YouTube kembali setelah sebelumnya sempat dinonaktifkan dengan alasan tersendiri. YouTube akan terus menjadi media potensial yang perkembangannya semakin meningkat dari waktu ke waktu. Menghapus atau menonaktifkan akun berarti kehilangan kesempatan untuk bisa ikut dalam perkembangan tersebut.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Cara mengaktifkan youtube