Kenapa IDM tidak muncul di YouTube saat Digunakan? Ini Alasannya

IDM adalah salah satu aplikasi yang pengaplikasiannya adalah untuk menghasilkan proses pengunduhan yang lebih cepat. Karena fungsinya yang sangat besar ini, IDM sering digunakan oleh pengguna internet. Namun, ada juga pengguna yang menanyakan kenapa IDM tidak muncul di YouTube saat digunakan.

Permasalahan seperti ini tidak hanya pada beberapa orang saja. Meski sepele, namun kerap terjadi pada para pengguna. Jika sedang merasakan permasalahan seperti ini, maka akan dijelaskan apa saja penyebab IDM tidak muncul. Simak daftar alasan berikut ini agar tahu langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikannya:

1. Aplikasi Belum Diperbarui

Alasan pertama kenapa IDM tidak muncul di YouTube adalah karena aplikasi yang digunakan belum diperbarui. Jika menggunakan aplikasi ini, maka pembaruan harus dilakukan secara berkala untuk waktu-waktu tertentu. Jika tidak, maka aplikasi ini akan mengalami permasalahan yang akhirnya merugikan pengguna.

Sayangnya, permasalahan yang sebenarnya tidak terlalu serius ini masing sering ditemukan. Tidak sedikit pengguna yang kurang teliti sehingga tidak memperbaruinya. Jika mengalami permasalahan IDM yang tidak muncul di YouTube, segera cek apakah IDM meminta untuk diperbarui. Setelah diperbarui, maka permasalahan akan selesai.

Baca Juga :  Aturan Minimal Durasi Video Youtube untuk Adsense dan Tips Mengaturnya

2. IDM yang Masih Belum Aktif

Permasalahan sepele lainnya yang masih sering menjadi suatu hal serius adalah IDM yang belum aktif. Sebelum menggunakan aplikasi ini, maka pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya sendiri mudah, pertama perhatikan menu “Hidden Icons” di perangkat yang digunakan untuk aplikasi IDM.

Jika sudah menemukannya, maka pencet “Open” di aplikasi IDM yang sudah terpasang. Dengan demikian, IDM sudah bisa digunakan di YouTube. Meski terdengar sepele dan solusinya tergolong mudah, namun masih banyak yang menemui kesulitan dengan cara mengatasinya. Pastikan untuk memahami alasan ini beserta dengan solusinya.

3. Perangkat Belum Di-restart

Alasan lain kenapa IDM tidak muncul di YouTube adalah karena perangkat yang digunakan belum di-restart. Menghidupkan ulang perangkat atau restart sangat penting untuk dilakukan setelah melakukan pemasangan aplikasi. Demikian juga dengan pemasangan IDM, setelah selesai langsung lakukan restart.

Baca Juga :  Alasan Kenapa YouTube Go Tidak bisa Download? Pelajari Solusi Mengtasinya

Jika tidak dilakukan langkah ini, maka bisa jadi IDM yang sudah terpasang tidak bisa digunakan untuk apapun termasuk YouTube. Meski tidak semua perangkat mengalami permasalahan karena hal ini, namun tidak ada salahnya untuk me-restart perangkat. Pastikan untuk menunggu hingga proses selesai kemudian coba buka IDM.

4. Belum Memasang Plugin atau Extension

Pemasangan plugin dan extension sangat penting untuk diaplikasikan. Karena jika tidak, maka IDM juga tidak akan bisa digunakan. Cara untuk memasang komponen ini sangatlah mudah. Masuk pada menu di browser yang digunakan. Jika sudah, cari menu Extension atau Plugin pada pilihan menu yang terpampang.

Kemudian aktifkan pilihan “Add-ons IDM”. Pastikan untuk merubah statusnya menjadi “Enable”. Karena jika masih “Disable”, maka sama saja belum diaktifkan plugin-nya. Setelah itu, tutup browser yang digunakan dan buka lagi. Maka IDM akan mudah digunakan setelah semua proses ini diterapkan dengan baik.

Baca Juga :  Cara Membuka YouTube yang Diblokir Server di Android Harus Diketahui

5. Menggunakan IDM yang Tidak Asli

Permasalahan terakhir yang sangat rawan terjadi adalah karena IDM yang digunakan bukan yang asli. Jika menggunakan yang gratis, maka harus rutin mengganti serial key untuk jangka waktu tertentu. Hal ini juga bisa membuat IDM tidak bisa digunakan. Maka sangat disarankan menggunakan IDM versi resmi agar tidak ada kendala semacam ini.

Itulah lima alasan kenapa IDM tidak muncul di YouTube beserta solusi yang bisa dilakukan. Jika menemukan permasalahan serupa, maka langsung saja terapkan sesuai dengan penjelasan. Coba satu per satu solusinya hingga menemukan yang paling pas dengan persoalannya. Jika diterapkan dengan baik, maka tidak akan ada kendala berarti.