Ini Dia Cara Membuat Konten YouTube untuk Pemula yang Tepat

Membuat suatu konten YouTube merupakan suatu pekerjaan yang tidak bisa dibilang mudah. Seorang kreator harus melewati beberapa langkah sebelum video bisa di upload ke YouTube. Terlebih lagi jika pekerjaan membuat konten ini dilakukan oleh seorang diri, tentu akan lebih terasa sulit. Ingin tahu cara memulainya? Simak cara membuat konten YouTube dengan tepat berikut ini:

1. Tentukan Tujuan

Sebagai langkah awal dalam pembuatan konten adalah menentukan tujuan. Sebagai kreator juga harus mengetahui tujuan pembuatan video harus jelas kemana arahnya. Pembuatan video bisa memiliki berbagai tujuan, bisa untuk sekedar hiburan, video informatif, ataupun video endorsement. Jika memiliki tujuan, suatu proses pembuatan konten akan lebih mudah dilakukan.

Selain tujuan dalam pembuatan konten, pastikan juga sebagai kreator sudah mengetahui siapa yang menjadi target penontonnya. Dengan target penonton yang jelas, kreator bisa menentukan isi kontennya akan seperti apa. Jika targetnya anak muda, atau bahkan anak-anak. Contohnya pembahasan yang terlalu vulgar perlu dihindari jika target penontonnya adalah anak-anak.

Baca Juga :  Begini Cara Nonton YouTube Luar Negeri yang Bisa Dilakukan

2. Buat Konsep

Setelah mengetahui apa tujuan dari pembuatan video beserta siapa saja yang menjadi target audience, langkah selanjutnya adalah membuat konsep. Untuk mendapatkan konsep dan ide yang cemerlang, kreator harus melakukan riset terlebih dahulu. Ketahuilah trend apa yang saat ini terjadi, apa saja yang sedang disukai penonton, bahkan jika perlu lihat konten yang dibuat oleh kompetitor.

Jika konsep sudah didapatkan, langkah-langkah selanjutnya akan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Misalnya ketika akan membuat cerita, kreator hanya perlu membuatnya sesuai konsep yang diinginkan sehingga cerita tidak akan melebar terlalu jauh. Bayangkan saja jika bekerja tanpa adanya konsep yang jelas, pekerjaan tidak akan cepat selesai dan terlalu bertele-tele.

3. Lakukan Proses Shooting

Ketika konsep dan tujuan dari konten yang akan dibuat sudah ditemukan, langkah selanjutnya adalah merealisasikannya. Cara merealisasikan konsep bagi seorang konten kreator YouTube apalagi kalau bukan dengan shooting. Namun sebelum masuk ke shooting, alangkah baiknya membuat storyboard terlebih dahulu. Hal tersebut penting untuk dijadikan sebagai gambaran bagaimana video akan dibuat.

Baca Juga :  Kenali Syarat Viewers YouTube Dihitung agar Jumlahnya Bertambah

gambaran video menggunakan storyboard yang sudah dibentuk, akan memperlihatkan bagaimana scene-scene dari video yang akan dibuat. Realisasikan setiap gambaran yang ada pada storyboard dengan melakukan shooting. Tentunya shooting dengan persiapan yang matang agar proses pembuatan video bisa lebih efisien.

4. Edit Video

Cara membuat konten YouTube untuk pemula selanjutnya adalah editing. Tahap ini merupakan tahap yang tak kalah penting. Bahkan suatu video yang tidak di edit bisa membuatnya tidak menarik sama sekali. Proses editing video bisa berbeda-beda pada setiap video, tergantung bagaimana tujuan dan konsep yang ingin dicapai oleh kreator.

Beberapa video yang perlu teknik editing yang tinggi, ada juga video yang hanya perlu di cut saja tanpa editing yang berlebihan. Contohnya pada konten vlog, kreator biasanya tidak melakukan editing yang berlebihan pada jenis konten tersebut. Lain halnya dengan konten film pendek yang memerlukan beberapa tahapan editing yang panjang.

Baca Juga :  Begini Cara Melihat Video yang Disembunyikan di YouTube Paling Gampang

5. Upload Video

Video atau konten yang selesai di edit dan sudah dirasa layak tayang, selanjutnya bisa di upload. Proses upload memerlukan waktu beberapa saat sebelum tayang di YouTube. Kecepatan upload bergantung pada ukuran file yang di upload dan juga kecepatan internet. Untuk membuat video banyak pengunjungnya, kreator juga bisa mengoptimalkan SEO YouTube dan mempromosikannya.

Nah itu dia cara membuat konten YouTube untuk pemula yang baru terjun di dunia YouTube. Cara-cara diatas mungkin terlihat mudah namun pada prosesnya seringkali terdapat beberapa kesulitan. Contohnya proses dalam menemukan konsep konten baru yang tentu saja tidak mudah.

Check Also

Ketahui Cara Promosikan Video YouTube Ini, Dijamin Ampuh!

Tengah merintis karir untuk menjadi seorang YouTuber terkenal? Jangan lewatkan cara promosikan video YouTube yang …