Begini Cara Upload Lagu di YouTube Tanpa Copyright Bisa Dicoba untuk yang Berniat Bikin Konten Musik

Menjadi youtuber menjadi hobi tersendiri bagi sebagian orang yang berjiwa kreatif. Banyak sekali konten-konten yang dapat dibuat di YouTube seperti salah satunya upload lagu. Terkadang konten upload lagu ini bisa saja terkena hak cipta dari sang pemilik aslinya. Namun terdapat cara upload lagu di YouTube tanpa copyright sebagai berikut ini:

1. Gunakan Lagu Bebas Hak Cipta

Menggunakan lagu bebas hak cipta merupakan cara upload lagu di YouTube tanpa copyright sehingga dapat dimonetisasi. Biasanya terdapat beberapa channel yang menyediakan beberapa jenis musik bebas hak cipta seperti instrumen, karaoke dan semacamnya. Untuk yang bebas copyright sendiri biasanya sang pemilik channel menuliskan lagu bebas copyright.

Tulisan bebas copyright yang ditulis oleh sang pengupload awal ini pertanda bahwa musik tersebut bebas diunduh dan di upload kembali. Penggunaan lagu yang sudah diizinkan sang pemilik mengupload ulang tanpa kena hak cipta ini akan dapat dimonetisasi ke depannya. Dengan begitu, channel tidak akan kena banned atau semacamnya karena reupload lagu copyright.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Batas Usia di YouTube Android yang Bisa Dicoba

2. Mengcover Lagu dengan Suara Sendiri

Langkah berikutnya sebagai cara upload lagu di YouTube tanpa copyright adalah dengan melakukan cover pada lagu yang diinginkan. Melakukan cover lagu berarti menyanyikan lagu dengan menggunakan suara dan alat musik sendiri. Melalui suara sendiri ini akan meminimalisir system YouTube untuk mendeteksi hak cipta lagunya dan juga akan meningkatkan kreativitas diri.

Melakukan cover ini bisa dilakukan dengan tempo nada melow atau sesuai dengan selera masing-masing. Sangat disarankan untuk membuat konten lagu melalui suara sendiri karena lebih kreatif dan produktif. Dengan begitu, ke depannya akan menjadikan channel berkembang tanpa harus ada pembagian hasil gara-gara konten-konten terkena copyright.

3. Gunakan Instrumen Alat Musik

Membuat konten tentang lagu namun dapat terhindar dari copyright adalah dengan menggunakan instrumen alat musik. Penggunaan instrumen ini sangat beragam yakni bisa menggunakan gitar, piano, drum, suling dan lain sebagainya. Para konten kreator bisa melakukan cover lagu karaoke tanpa menggunakan suara sehingga yang mengisi suara adalah penonton.

Baca Juga :  Begini Cara Mengunci Video di YouTube Agar Tidak bisa di Download serta Perlindungannya

Semisal saja ketika ingin menggunakan alat gitar untuk mengcover sebuah lagu bisa dengan memetik gitar dan dibuat semacam melodi. Bisa juga apabila ingin menggunakan alat piano bisa membuat sebuah instrumen sedih atau semacamnya. Dengan begini, maka channel akan semakin berkembang karena yang diupload adalah lagu menggunakan alat musik tanpa vokalnya.

Namun ada yang bisa dijadikan sebagai bakat kreatifitas yakni menggunakan alat musik apa adanya. Semisal menggunakan galon air, meja, peralatan dapur dan lain sebagainya. Peralatan tersebut bisa dijadikan satu sebagai satu musik dan disetel sesuai dengan keinginan sehingga akan tercipta sebuah musik unik dan menarik

4. Tambahkan Efek Suara Menggunakan Aplikasi

Langkah berikutnya agar konte upload lagu di YouTube bisa terbebas dari hak cipta adalah dengan mengedit lagunya tersebut. Pengeditan lagu ini bisa menggunakan aplikasi yang telah tersedia di Internet. Untuk mengeditnya adalah bisa menambahkan suara efek atau tambahan-tambahan instrumen lainnya sehingga terkesan seperti lagu baru.

Baca Juga :  Ikuti Setiap Cara Mengatasi Waktu Koneksi ke Server Habis di YouTube Ini dengan Runtut!

Untuk penambahan efek atau instrumen lainnya ini harus disesuaikan dengan tempo pada lagunya. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pengeditan sampai berbeda dengan musik aslinya sehingga lagu berkesan seperti baru.

Dengan beberapa cara upload lagu di YouTube tanpa copyright di atas, tidak usah khawatir upload lagu terkena copyright sehingga dapat dimonetisasi. Begitu juga ke depannya channel akan berjalan lancar tanpa takut kena banned.