Begini Cara Mengunci Video di YouTube Agar Tidak bisa di Download serta Perlindungannya

Pembuatan akun YouTube yang dilakukan oleh sebagian kecil orang biasanya tidak untuk dipublikasikan untuk menghasilkan uang semata. Terdapat di antaranya hanya ingin menjadikannya sebagai tempat penyimpanan video, sehingga penggunaanya diprivat. Cara mengunci video di YouTube agar tidak bisa di download menjadi salah satu hal yang diperlukan. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Cara Mengunci Video di YouTube Agar Tidak Bisa di Download

Cara yang bisa dilakukan untuk mengunci video agar tidak dapat didownload oleh pengguna YouTube lainnya yaitu dengan mengaktifkan privasi. YouTube memberikan fasilitas kepada para penggunanya untuk mengubah setelan privasi pada video yang akan diuploadnya. Cara yang bisa dilakukan yaitu:

  • Pertama hal yang harus dilakukan yaitu dengan masuk terlebih dahulu pada akun YouTube.
  • Pilih Konten pada menu disebelah kiri.
  • Cari video yang akan diperbaharui setelannya dari publik menjadi privasi.
  • Tekan panah bawah pada bagian visibilitas yang menampilkan pilihan publik, pribadi dan tidak publik. Pilih Pribadi.
  • Selesai dan simpan.
Baca Juga :  Topik Kata Kunci YouTube yang Paling Banyak Dicari, Bisa Jadi Inspirasi!

Sangat mudah dan sederhana bukan, langkah-langkah yang dapat dilakukan? Sekarang tidak ada lagi kata sulit untuk melakukan perubahan pada setiap video yang ingin diupload secara privat. Keuntungan dari video yang pribadi ini hanya dapat dilihat oleh pengguna dan berapa orang yang dipilih.

Cara Perlindungan Lain selain Mengunci Video

Klaim yang diberikan oleh pihak lain terhadap video orang lain merupakan bentuk dari kejahatan atas hak cipta. Kejadian tersebut dapat dicegah dengan mengunci video di YouTube. Tidak hanya dengan mengunci video YouTube saja sebenarnya, beberapa cara lainnya juga efektif melindungi video agar tidak di salahgunakan. Beberapa cara di antaranya yaitu:

1. Proteksi Plugins

Cara yang bisa dijadikan alternatif selain mengunci video di YouTube yaitu dengan mengaktifkan proteksi plugins. Termasuk ke dalam proteksi video yang sebenarnya, sebab terdapat DRM yang tersedia di dalamnya. Jadi, memungkinkan video telah disetting dengan periode waktu tertentu.

Baca Juga :  Inilah Biaya Pemasangan Iklan di YouTube Terkini, Semua yang Mau Pasang Iklan Wajib Tahu!

2. Watermark

Berikutnya hal paling umum yang sering dilakukan yaitu dengan menambahkan gambar watermark. Video akan ditambahkan teknik visible watermark, yaitu tanda berupa gambar atau logo transparan. Hasilnya akan memperlihatkan video yang dibuat oleh seseorang, sebab adanya tanda pengenal yang telah dimasukkan.

Sayangnya beberapa pengguna terkadang mengeluhkan watermark tersebut karena dianggap mengganggu. Terdapat juga watermark invisible yang tidak dapat terlihat kasat mata, namun bisa ditandai dengan logo. Penggunaan watermark ini membutuhkan software khusus, karena tidak asal sembarangan dipasangkan.

3. Area Domain

Proteksi video bisa ditambahkan dengan menambahkan web tertentu, sehingga bisa mengontrol adanya tayangan atau play yang dilakukan pihak lain. Domain Restriction sangat tepat untuk channel YouTube yang memerlukan kontrol penuh pada setiap video yang diupload.

4. Password

Jika susah sulit rasanya untuk mengunci video di YouTube, pemilik akun juga bisa menerapkan password pada video yang telah diunggah. Fasilitas password akan memberikan proteksi terhadap file video yang berada pada halaman channel. Memungkinkan setiap individu atau ungroup mendapatkan kebijakan tertentu untuk dapat mengakses video tersebut.

Baca Juga :  Tata Cara Mengganti Usia Di Youtube Melalui Berbagai Perangkat

5. IP Address

IP Address hampir mirip dengan area domain namun penggunaanya lebih dikhususkan untuk lingkungan tertentu seperti perkantoran atau sekolah. Video yang telah diatur menggunakan IP Address adalah video tertentu yang telah ditetapkan, sehingga untuk video lainnya tidak akan berfungsi.

Itulah ulasan terkait cara mengunci video di YouTube agar tidak bisa di download beserta perlindungan lain yang bisa digunakan. Sebuah karya cipta baik itu gambar atau video memerlukan tentunya mempunyai hak cipta dan juga izin dari pemiliknya. Mengunci video di YouTube pun bisa dilakukan oleh siapa pun tanpa harus meminta izin.

Check Also

Ikuti Beberapa Cara Promosi di Instagram Story ini Agar Berhasil

Memanfaatkan jenis sosial media seperti Instagram untuk mempublikasikan barang atau jasa usaha memang saat ini …