Begini Cara Membuat Hak Cipta Lagu di YouTube, Mudah dan Cepat!

Bagi seorang seniman atau content creator  hak cipta adalah hal penting yang harus segera didaftarkan. Mencari cara membuat hak cipta lagu di YouTube pun saat ini banyak dilakukan sebagian orang demi melindungi karyanya. Ingin tahu bagaimana penjelasannya? Simak berikut ini penjelasannya.

1. Mengajukan Permohonan

Langkah pertama cara membuat hak cipta lagu di YouTube yaitu dengan mengajukan surat permohonan. Pengajuan ini bertujuan bahwa memang benar seorang pemilik karya ingin mengklaim ciptaannya. Bentuk dari surat permohonan diajukan kepada Direktorat Jenderal HAKI sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan yakni menggunakan bahasa Indonesia.

Surat tersebut diajukan sebanyak 2 rangkap, dimana di dalamnya telah dicantumkan berbagai karya cipta yang telah dibuat. Tuliskan keseluruhan karya dengan mengurutkannya, jangan sampai ada yang terlewatkan. Sayang sekali jika harus melakukan pengajuan ulang. Hal ini akan memakan waktu yang lama.

2. Mengisi Formulir

Berikutnya, tahap yang dilakukan untuk melanjutkan proses dari registrasi yaitu dengan mengisi formulir yang diberikan oleh pihak HAKI. Pada tahap ini, pengisian formulir harus disertakan dengan materi, agar nantinya tidak termasuk ke dalam hutang pajak.

Baca Juga :  Begini Cara Nonton YouTube Luar Negeri yang Bisa Dilakukan

3. Keterangan Data Diri

Jika kelengkapan dalam formulir telah terselesaikan, berikutnya para pencipta diharuskan untuk memberikan keterangan data atau identitas diri. Dokumen yang disertakan di antaranya yaitu, salinan fotokopi KTP, ini jika seorang pemohon adalah perorangan. Beda halnya jika hak cipta tersebut milik organisasi atau lembaga perusahaan.

Untuk sebuah perusahaan, hak cipta yang diajukan, diharuskan untuk menyertakan legalitas, contohnya seperti akta milik perusahaan. Jika hak cipta diajukan oleh perwakilan, selain pemilik karya, maka diharuskan untuk menyertakan surat kuasa dan fotokopi KTP pemilik aslinya.

4. Pembayaran

Hasil dari pemeriksaan dokumen yang telah diberikan ternyata perlu bukti pernyataan yang mengatakan kelengkapan berkas tersebut. Nantinya akan keluar sebuah kode billing yang harus dibayarkan dalam jangka waktu 3 hari setelah pengajuan. Pembayaran sendiri bisa dilakukan lewat bank persepsi atau pos.

Baca Juga :  5 Cara Menambah Jam Tayang YouTube yang Mudah Diaplikasikan

Biaya yang harus dikeluarkan oleh pemohon untuk sebuah lagu ciptaanya di YouTube terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu:

  • Jumlah biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah lembaga usaha mikro atau organisasi yaitu sebesar 200 ribu rupiah jika dibayarkan online. Lain halnya jika pembayaran dilakukan secara manual, maka akan dikenakan 250 ribu.
  • Jumlah biaya yang dikeluarkan oleh umum atau pribadi yaitu 400 ribu bagi yang membayarkan online dan 500 ribu untuk yang manual.

5. Pemeriksaan, Verifikasi, dan Sertifikat

Jika pembayaran telah dilakukan maka selanjutnya akan terdapat pemeriksaan formalitas yang dilakukan oleh HAKI. Tidak hanya, proses verifikasi setelah adanya pembayaran juga termasuk ke dalam proses untuk dapat mendapatkan resmi persetujuan terkait hak cipta. Pasalnya dalam pencatatan yang telah disetujui tersebut akan masuk ke dalam daftar ciptaan umum.

Baca Juga :  Aplikasi Download YouTube Jadi MP3 yang Simpel dan Mudah Digunakan

Beralih dengan pencetakan sertifikat yang dikeluarkan, seseorang atau lembaga akan memperoleh sertifikat hak cipta. Sertifikat tersebut merupakan bukti bahwa memang benar pendaftaran lagu telah memiliki klaim, sehingga tidak akan ada klaim dari pihak luar. Terdapat banyak manfaat yang diperoleh dari pendaftaran hak cipta, di antaranya yaitu:

  • Mencegah adanya pihak luar yang menggunakan karya cipta tanpa izin pemilik.
  • Menghindari terjadinya perselisihan terhadap karya cipta.
  • Sebagai media yang dipergunakan untuk membatalkan karya cipta oleh pihak luar tanpa hak.

Nah, itulah sederet penjelasan cara membuat hak cipta lagu di YouTube yang bisa dilakukan untuk mengamankan hak kepemilikan. Pastikan selalu untuk mendaftarkan setiap ciptaan yang telah dihasilkan, jangan sampai terdapat pihak lain yang mencoba mengambil alih karya.