5 Konten yang Dilarang di YouTube, Ini Dia Daftarnya

YouTube telah memuat lebih dari ratusan juta video yang bisa dinikmati banyak pengguna. Pengguna bisa dengan bebas mengaksesnya di mana saja dan kapan saja. Bahkan, pengguna YouTube pun amat beragam, mulai dari anak kecil hingga orang usia lanjut sekalipun. Oleh karena itu, agar YouTube menjadi platform yang aman dan bermanfaat, terdapat beberapa konten yang dilarang di YouTube.

Tentunya hal tersebut tindakan yang sangat baik mengingat siapapun bisa mengakses YouTube tanpa terbatas ruang dan waktu. Dengan adanya aturan tersebut, maka pengguna tidak bisa sembarangan dalam mengunggah videonya. Serta, penonton di YouTube pun tetap nyaman dan aman dalam menikmati konten YouTube. Namun, jika ingin tau seperti apa konten yang dilarang di YouTube, berikut ini ulasannya:

1. Konten Vulgar dan Seksual

Salah satu konten yang dilarang ditayangkan di YouTube adalah konten pornografi, termasuk konten yang menampilkan seksualitas dan amat vulgar. Kemudian, YouTube juga telah bekerja dengan penegak hukum jika menerima laporan adanya eksploitasi anak dalam video YouTube yang diunggah. Selain itu, konten yang bersifat vulgar dan kurang sopan juga dilarang di YouTube

2. Konten yang Berbahaya

YouTube adalah platform video yang memiliki banyak pengguna sehingga terdapat aturan yang dibuat untuk melindungi para penggunanya. Salah satu konten yang dilarang di YouTube adalah konten yang berbahaya. Misalnya, yaitu video yang dapat mendorong seseorang melakukan berbagai hal yang berbahaya atau bahkan hingga terluka parah.

Oleh karena itu, video yang berisi konten berbahaya akan dianggap melanggar, Namun, di beberapa video hanya akan ditandai jika video tersebut dikenakan pembatasan usia atau dihapus. Hal tersebut tentu tergantung seberapa parah konten dalam video tersebut.

3. Konten Kebencian

YouTube dibuat untuk mengedukasi dan juga menghibur penggunanya. Dengan begitu, YouTube tentu saja melarang video yang berisikan kebencian dan kekerasan terhadap kelompok maupun individu tertentu. Dengan begitu, jika ada konten yang menyebarkan kebencian dengan membawa SARA, orientasi seksual, kasta, ataupun konten yang memicu kebencian, tentunya akan dianggap melanggar oleh YouTube.

4. Konten Kekerasan

Selain itu, konten yang berisi kekerasan juga akan dilarang, dihapus, atau diblokir dari YouTube. Misalnya, konten tersebut berisi suatu hal yang menyeramkan dan bertujuan untuk membuat orang-orang kaget dan terkejut. Konten tersebut juga akan dilarang jika hanya mengejar dan mencari sensasi semata.

YouTube masih membolehkan jika ada pengguna yang mengunggah konten yang berisi kekerasan dalam konteks berita atau dokumenter. Namun, pengunggah tersebut wajib memberikan disclaimer atau informasi lebih lanjut agar penonton dapat memahami isi konten yang ada di dalam video tersebut.

5. Konten yang Melanggar Hak Cipta

Jika ingin mengunggah video di YouTube, diwajibkan untuk mengunggah video buatan sendiri. Atau, video yang akan diunggah di YouTube tersebut sudah diberikan izin untuk menggunakannya. Dengan begitu, dilarang mengunggah atau menggunakan konten yang di dalamnya terdapat hak cipta yang dimiliki orang lain.

Misalnya, yaitu cuplikan video yang memiliki hak cipta, musik, ataupun video yang dibuat oleh orang lain. Kemudian, pastikan pengunggah video tidak meniru channel atau individu lain. Jika terbukti demikian, maka kontennya bahkan channelnya akan dihapus oleh YouTube.

Itulah ulasan yang menarik tentang 5 konten yang dilarang di YouTube. Konten tersebut tentunya amat berbahaya jika ditonton banyak orang. Dengan demikian, jika ingin mengunggah video di YouTube pastikan kontennya aman dan tidak berisi konten yang melanggar aturan YouTube.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Konten yang dilarang di YouTube