Panduan Cara Membuat Playlist di Youtube dengan Mudah

Mengelola akun Youtube memang ada trik-triknya tersendiri. Selain mengunggah video-video konten yang menarik, pemilik channel juga perlu membuat playlist di channel Youtube-nya. Cara membuat playlist di Youtube ini sangatlah mudah. Berikut adalah panduan cara menyusun playlist di channel Youtube:

Fungsi Playlist

Mengapa perlu dibuat playlist video di channel Youtube? Sebelum mencari tahu bagaimana cara pembuatan playlist yang tepat maka perlu dipahami dulu apa sebenarnya fungsi dari playlist ini. Meskipun terlihat sederhana namun playlist ini bukan hanya sekedar daftar video biasa. Ternyata ada fungsi penting di balik pembuatan daftar video di kolom playlist ini.

Playlist akan membantu meningkatkan viewer untuk sebuah channel Youtube. Playlist ini nantinya dapat ditemukan melalui kolom pencarian di Youtube. Ketika ada pengguna yang memasukkan kategori atau kata kunci maka playlist bisa muncul. Dengan begitu akan lebih mudah untuk menarik perhatian dari para viewer.

Baca Juga :  Cara Melihat History Youtube yang Sudah Dihapus dan Hilang

Pembuatan playlist juga akan meminimalkan peluang penonton beralih ke channel lain begitu video selesai diputar. Karena ada playlist maka penonton secara otomatis akan memilih untuk menonton video lain dari playlist tersebut. Dengan begitu jumlah viewer akan tetap terjaga dan tidak mudah berpindah ke channel Youtube yang lain.

Cara Membuat

Setelah tahu apa fungsinya kini mari cari tahu cara membuat playlist di Youtube. Caranya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh pengguna Youtube pemula sekalipun. Berikut adalah cara pembuatan playlist di channel Youtube:

  • Langsung masuk ke Youtube menggunakan akun channel yang dimiliki.
  • Cari video pertama yang ingin dimasukkan ke playlist.
  • Klik tiga titik vertikal yang ada di bagian bawah kanan layar video.
  • Pilih opsi Create New Playlist.
  • Akan muncul list untuk menuliskan judul playlist yang akan dibuat.
  • Atur dulu playlist akan dibuat untuk publik atau pribadi.
  • Klik menu Create.
Baca Juga :  Cara Mengatasi Channel Youtube yang Tidak Muncul di Pencarian dengan Mudah

Jika playlist sudah dibuat maka proses pengeditan playlist bisa dilakukan kapan saja dengan mudah. Tinggal masuk saja ke akun dan pilih menu Playlist. Nantinya sudah ada beragam menu yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Pengguna bisa mencoba mengedit nama playlist, menambahkan video baru, dan masih banyak lagi.

Playlist bisa diperbarui kapan saja dibutuhkan. Pengguna juga bisa menambah playlist atau menghapusnya sesuai keinginan. Pastikan daftar putar atau playlist ini dibuat sebaik mungkin sehingga bisa mengoptimalkan jumlah viewer.

Tips Membuat Playlist

Agar playlist yang dibuat bisa efektif menambah viewer, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, buatlah nama playlist yang mengandung kata kunci target. Hal ini dilakukan agar nantinya playlist bisa muncul begitu kata kunci dimasukkan ke kolom pencarian. Cobalah melakukan riset kata kunci agar bisa mendapatkan kata kunci yang tepat lalu buatlah judul berdasarkan hasil riset tersebut.

Baca Juga :  Aturan Minimal Durasi Video Youtube untuk Adsense dan Tips Mengaturnya

Selain itu, isilah playlist dengan video-video yang berhubungan. Video-video yang ada di satu playlist harus relevan sehingga akan mempermudah viewer. Tentu akan sangat mengecewakan jika viewer membuka playlist namun video-video yang termuat di sana ternyata tidak memiliki keterkaitan bahkan temanya berbeda-beda. Hal ini bisa membuat viewer berpindah ke channel lain.

Itulah tadi panduan cara membuat playlist di Youtube dengan mudah. Pembuatan playlist ini sangat bermanfaat. Subscriber bisa tahu konten seperti apa yang menjadi fokus dari channel tersebut. Selain itu playlist juga akan mempermudah pemilik konten maupun pengunjung untuk menemukan video yang diinginkan.

Check Also

Adakah Cara Melihat Arsip Instagram Orang Lain? Berikut Penjelasannya

Fitur arsip Instagram menjadi salah satu fitur yang kini banyak dimanfaatkan penggunanya untuk menghapus postingan …