Bagaimanakah Perhitungan Gaji YouTuber dan Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi?

Perkembangan situs sharing video dan berbagi video yang lebih dikenal dengan YouTube telah banyak dipakai oleh berbagai orang di seluruh dunia. Para YouTuber pun banyak bermunculan hingga menjadikannya pekerjaan utama. Sebenarnya bagaimanakah sistem perhitungan gaji YouTuber saat ini, hingga membuat banyak orang tertarik menjadi content creator? Berikut penjelasannya:

Tentang YouTube

Situs berbagi video yang kini tengah banyak digunakan berbagai macam orang di belahan dunia salah satunya YouTube. Para pendirinya merupakan mantan pekerja PayPal di antaranya, Chad Hurley, Steve Chan, dan Jawed Karim. Secara umum konten yang ada dalam situs tersebut dibuat dan diunggah secara individu.

Kini banyak para YouTuber yang berkontribusi dalam pembuatan video yang diunggah pada channelnya masing-masing, bukan hanya sekedar hobi. Ada honor atau bayaran yang akan diterima oleh setiap individu sesuai ketentuan dan syarat yang terdapat dalam YouTube. Hal inilah yang membuat para content creator tersebut rajin untuk mengunggah setiap hasil videonya.

Baca Juga :  Panduan Cara Membuat Playlist di Youtube dengan Mudah

Beberapa penelitian pun mengatakan bahwa hadirnya kemunculan para YouTuber menjadi salah satu sumber informasi serta hiburan. Hal ini tentu sangat penting untuk generasi milenial yang sering dideskripsikan sebagai mikro selebritas. Fakta lainnya saat ini YouTube sangat menarik untuk diikuti ketimbang acara yang ditayangkan oleh televisi.

Bagaimanakah Cara Perhitungan Gaji YouTuber?

Perhitungan gaji YouTuber adalah hal yang sangat dipertanyakan oleh para pemula atau pengguna yang tertarik untuk menjadi seorang YouTuber. Sumber penghasilan seorang YouTuber berbeda-beda sesuai dengan keaktifan serta jumlah pengikut channel yang dimiliki. Kisaran gaji yang didapatkan oleh YouTuber  Pembagian hasil yaitu 55 persen dikalikan dengan biaya iklan

Sebagai gambarannya, jika konten telah ditonton 10.000 orang, maka setidaknya ada 1500 yang melihat tayangan iklan sampai selesai. Apabila dihitung sesuai dengan BPS Indonesia, biayanya 7000 per 1000 penonton.

Untuk perhitungan biaya pasang iklan yaitu dihitung 1500 penonton iklan x 7000 = 10.500.000 ribu. Sehingga diperoleh perhitungan 10. 500.000 x 55% = 5.775.000. Inilah total penghasilan yang didapatkan YouTuber.

Baca Juga :  Wajib Dicoba, Ini 7 Aplikasi Pengunduh Video di YouTube sebagai Rekomendasi Terbaik!

Faktor yang Ikut Mempengaruhi Gaji YouTuber

Sebagai bentuk dukungan YouTube akan memberikan komisi bagi para YouTuber yang rutin mengunggah video pada akun channelnya. Tidak hanya itu, ada beberapa faktor lain yang bisa dijadikan tambahan untuk perhitungan gaji. Di antaranya yaitu:

1. YouTube Ads

Sebagai bentuk dukungan YouTube akan memberikan komisi bagi para YouTuber yang rutin mengunggah video pada akun channelnya. Komisi tersebut akan dibayarkan perbulannya. Biasanya penggunaan kata yang dipakai oleh perusahaan bukanlah gaji tapi komisi ads. Pemberian komisi tersebut berasal dari iklan yang ditampilkan oleh YouTube di video para YouTuber.

2. Endorsement

Berikutnya komisi yang didapatkan melalui endorsement, para YouTuber biasanya akan melakukan endorsement produk. Beberapa informasi yang beredar, YouTuber biasanya mematok bayaran sekitar 750 ribu untuk 1000 penonton. Bagi yang sering melihat YouTube pastinya sudah tidak asing lagi dengan selingan endorsement yang ada di awal, tengah atau akhir tersebut.

Baca Juga :  Mengenal Afiliasi, Cara Monetisasi YouTube Tanpa 1000 Subcriber dengan Mudah

3. Affiliate Marketing

Keterlibatan antara kedua belah pihak yang saling menguntungkan antara YouTuber dan perusahaan komersial disebut juga Affiliate Marketing. Pada umumnya gaji atau komisi yang didapatkan oleh para YouTuber dengan cara seperti ini diberikan oleh brand.

4. Jualan

Terakhir, perhitungan gaji seorang YouTuber bisa didapatkan dari sumber penjualan. Jika dibandingkan dengan yang lainnya, cara ini termasuk yang paling sedikit dilirik oleh penonton. Hal ini karena rata-rata metode yang dipakai perusahaan besar yaitu langsung mengiklankannya langsung lewat website resmi perusahaan.

Itulah beberapa faktor perhitungan gaji YouTuber yang didapatkan oleh setiap YouTuber. Hal penting yang harus diterapkan oleh setiap pemula untuk dapat memperoleh penghasilan lewat YouTube yaitu harus rajin mengunggah video. Pastikan untuk membuat content yang diminati oleh banyak orang, sehingga akan meningkatkan jumlah viewers.

Check Also

Begini Cara Membuat Best Nine IG untuk Akhir Tahun 2021

Bagi sebagian besar orang akhir tahun adalah sisa waktu yang harus dirayakan dengan meriah untuk …