Kira-kira Berapakah Gaji Youtuber 1 Juta Subscriber dan dari Mana Saja Asalnya?

Menjadi seorang YouTuber tentu memberikan keuntungan berupa gaji atau komisi yang diperoleh karena video yang diunggah. Gaji YouTuber 1 juta subscriber bisa didapatkan dengan mengetahui angka pasti yang telah ditentukan oleh pihak YouTube dalam memberikan komisi. Perhitungan dari penghasilan tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal, berikut penjelasannya:

Berapakah Gaji YouTuber 1 Juta Subscriber?

Gaji YouTuber 1 juta subscriber bergantung dari tayangan iklan atau AdSense yang tayang dalam sebuah video. Produk jaringan periklanan ini sendiri berasal dari Google yang setiap keuntungan atau pendapatannya ditentukan oleh berbagai faktor. Rerata YouTuber yang aktif akan memperoleh 18 dollar AS setiap 1000 iklan yang tampil.

Jumlah penghasilan YouTuber jika dihitung maka setara dengan 3 sampai 5 dollar per 1000 iklan. Jika subscriber yang dimiliki mencapai 1 juta, maka gaji yang bisa diperoleh secara bersih bisa mencapai 14 juta rupiah per bulannya. Hal tersebut tergantung dari jumlah video yang telah diklik atau ditonton oleh penonton.

Baca Juga :  5 Ide Konten YouTube untuk Introvert yang Bisa Dicoba

Tidak hanya itu, pendapatan yang diperoleh pun bisa berdasarkan topik video, negara serta harga iklan yang tayang dalam video yang diunggah. Sampai saat ini perhitungan pendapatan YouTuber salah satunya bisa dilakukan dengan CPM atau biaya per seribu tayangan. Berikutnya penghasilan akan diperoleh dari biaya iklan yang diklik dalam sebuah video.

Hal yang disayangkan yaitu pendapatan melalui klik iklan tersebut biasanya berada di bawah pendapatan CPM. Penyebab terjadinya hal itu, karena sejumlah penonton YouTube akan lebih memilih untuk men-skip iklan ketimbang menontonnya. Pendapatan lainnya yang akan menambahkan gaji YouTuber bisa melalui endorsement produk. Gambaran gaji yang diperoleh yaitu:

  • Jika ada 2000 penonton, maka akan menghasilkan 25 orang yang hingga akhir melihat iklan.
  • 18 dollar per view dikalikan 250 penonton, akan menghasilkan 45 dollar biaya iklan.
  • 45 dollar dikalikan revenue share, hasilnya 30 dollar per 2000 penonton yang dibayarkan ke YouTuber.
Baca Juga :  Cara Mengatasi Channel Youtube yang Tidak Muncul di Pencarian dengan Mudah

Jika mempunyai subscriber jutaan orang, endorsement akan sangat menguntungkan dan meningkatkan jumlah pendapatan pastinya. Pada tahap inilah biasanya pembuat konten sudah bisa dikatakan sebagai kategori influencer atau orang yang berpengaruh dan menjadi sorotan publik. Sudah masuk ke dalam kategori tersebut? YouTuber biasanya menargetkan unggah video setidaknya 1 video tiap minggunya.

Sumber Gaji dari Pendapatan YouTube

Memang benar jika gaji atau komisi yang diperoleh oleh setiap YouTuber berdasarkan dari banyaknya subscriber dan AdSense. Namun ada beberapa sumber penghasilan lainnya yang menambah pundi-pundi seorang YouTuber. Ingin Tahu dari mana sumber tersebut, berikut penjelasannya:

1. Sponsorship

Suatu produk atau brand tertentu biasanya akan membayar YouTube untuk menghadirkan sebuah video advertorial yang dibuat khusus. Video tersebut akan berisi terkait brand, untuk hal semacam ini pihak YouTube akan memberikan harga sekitar 750 sesuai dengan jumlah penonton yang telah ditetapkan.

Berikutnya nominal dari angka tersebut akan terus mengalami peningkatan sesuai dengan jumlah penonton yang banyak. Hal inilah yang mengakibatkan Sponsorship menjadi incaran dari sumber penghasilan lain yang diinginkan oleh para YouTuber.

Baca Juga :  Cara Merubah Subtitle Inggris ke Indonesia di Youtube Melalui Beberapa Langkah

2. Partner Program

Berikutnya yang bisa diandalkan sebagai salah satu sumber penghasil uang dari YouTube yaitu dengan mengikuti program partner program. Ketika sedang asik menonton video YouTube, mendadak terpotong oleh iklan? Tandanya akun channel tersebut sudah memenuhi syarat untuk bisa bergabung dalam partner program.

3. Affiliate Marketing

Terakhir yang bisa meningkatkan gaji atau penghasilan seorang YouTuber adalah dengan Affiliate Marketing. Cara yang digunakan oleh pengiklan untuk membayar YouTube lewat CTR. Jika pernah melihat video yang berisi review produk, maka itu adalah bentuk dari Affiliate Marketing.

Nah, itulah penjelasan gaji YouTuber 1 juta subscriber dan beberapa informasi terkait dengan penghasilan. Supaya dapat mengetahui lebih jelas dan detail berapa penghasilan, lebih baik untuk menjabarkan semua sumber penghasilan. Barulah kemudian menghitung pendapatan secara keseluruhan.

Check Also

Cara Melihat Story Instagram yang Sudah Dihapus, Mudah untuk Dicoba!

Saat ini, hampir sebagian besar pengguna sosial media Instagram sudah pernah memanfaatkan fitur menarik seperti …