0852 Kartu Apa
0852 Kartu Apa

Kode 0852 Kartu Apa? Ini Kode Operatornya

Kadangkala ada telepon dari nomor tidak dikenal yang masuk. Hal tersebut akan terasa sangat mengganggu bukan. Pasti akan muncul rasa penasaran. Misalnya nomor tersebut diawali dengan nomor 0852, pasti akan timbul pertanyaan 0852 kartu apa? Karenanya, dalam artikel berikut akan dibahas operator nomor 0852 dan nomor-nomor lainnya.

0852 Kartu Apa?

Indonesia memiliki banyak sekali perusahaan provider lokal. Provider tersebut tentu akan mengeluarkan jutaan nomor telepon yang akan digunakan oleh pengguna. Nomor tersebut berbeda-beda tiap operator, bahkan satu operator bisa memiliki beberapa macam nomor awalan yang menjadi kode, atau biasa disebut dengan nomor prefix.

Hal tersebut membuat nomor menjadi agak membingungkan. Contohnya ketika ada kerabat dengan nomor 0852, pasti akan muncul pertanyaan, 0852 nomor apa? Hal tersebut biasanya terjadi saat akan menelepon, sehingga bisa mencari provider serupa untuk menghemat biaya.

Jika ada salah satu kontak atau mungkin nomor tidak dikenal dengan prefix 0852, jawabannya adalah orang tersebut menggunakan provider kartu As yang masih merupakan produk dari Telkomsel. Maka, nomor tersebut akan lebih hemat jika dihubungi dengan provider Telkomsel, baik itu As, Halo, juga Simpati.

Mengapa Nomor Prefix Bermacam-Macam?

Dari sekian banyak provider yang ada di Indonesia, semuanya memiliki nomor prefixnya masing-masing. Nomor prefix tersebut yang nantinya akan menjadi pembeda juga ciri khas dari provider tertentu. Jika diperhatikan, tidak akan ada dua provider berbeda yang memiliki nomor prefix dengan pola yang sama.

Nomor prefix ini terletak di 4 angka awal dalam nomor telepon. Biasanya nomor ini akan dilanjutkan dengan tujuh hingga delapan angka lanjutan. Semua provider memiliki beberapa macam nomor prefix yang tersedia. Misalnya, jawaban dari 0852 kartu apa adalah Telkomsel, namun 0852 bukan satu satunya prefix yang dimiliki Telkomsel.

Mengapa bisa terjadi perbedaan nomor prefix? Biasanya hal tersebut disebabkan oleh jenis kartu, terutama apabila perusahaan tersebut tidak hanya memproduksi satu jenis kartu. Atau bisa juga berdasarkan sistem prabayar atau pascabayar. Juga yang paling umum ditemukan adalah perbedaan nomor prefix berdasarkan dengan wilayah tempat membeli kartu tersebut.

Daftar Nomor Prefix dan Providernya

Keberagaman nomor prefix yang tersedia pada operator lokal tentu akan membingungkan bukan? Akan banyak kemungkinan operator yang digunakan oleh seseorang. Namun tenang saja, dalam daftar berikut ini, selain akan diketahui 0852 kartu apa, akan dijelaskan pula beberapa prefix lainnya. Berikut penjelasannya:

1. Daftar Nomor Prefix untuk Provider Telkomsel

Dimulai dari yang pertama adalah operator yang menjadi jawaban dari 0852 kartu apa. Ya, jawabannya adalah Telkomsel yang merupakan salah satu perusahaan operator besar dalam skala lokal. Telkomsel menjadi salah satu provider lokal yang digemari di Indonesia. Alasannya tentu karena kelebihan yang dimiliki oleh Telkomsel.

Hingga kini, Telkomsel mempunyai 170 juta lebih pelanggan. Pelanggan yang menggunakan Telkomsel tentu merasa puas dengan kestabilan jaringan yang diberikan oleh Telkomsel. Meski Telkomsel terbukti memiliki harga paling mahal dibanding dengan provider lainnya, namun sebanding dengan apa yang disajikan.

Berikut ini adalah beberapa nomor prefix yang digunakan Telkomsel:

  • 0811 untuk Kartu Halo 10 hingga 11 angka.
  • 0812 untuk Kartu Simpati dan Kartu Halo 11 hingga 12 angka.
  • 0813 dan 0821 untuk Kartu Simpati 12 angka.
  • 0822 untuk Kartu Simpati Loop 12 angka.
  • 0851 untuk Kartu AS, By.U, dan nomor akuisisi dari Flexi.
  • 0852 dan 0853 untuk Kartu AS 12 angka.

2. Daftar Nomor Prefix untuk Provider Indosat

Selanjutnya adalah provider yang besarnya bersaing dengan Telkomsel yaitu Indosat. Jika Telkomsel terkenal dengan kestabilan jaringan, Indosat terkenal dengan harganya yang terjangkau. Tapi bukan berarti Indosat murah dan murahan ya. Jaringan Indosat termasuk dalam jaringan yang stabil, meski jangkauannya tak seluas Telkomsel.

Indosat juga banyak memberikan promo kepada pelanggannya. Biasanya promo yang dikeluarkan oleh Indosat berupa paket dari beberapa layanan. Harga yang dikenakan tentunya sangat terjangkau.

Berikut ini adalah daftar nomor prefix yang dimiliki oleh operator Indosat:

  • 0814 untuk IM3 Broadband 12 angka.
  • 0815 dan 0816 untuk Matrix dan Mentari dengan 11 hingga 12 digit angka.
  • 0855 untuk Matrix dengan 10 angka atau edisi terbatas.
  • 0856 dan 0857 untuk IM3 dengan 12 angka.
  • 0868 untuk Kartu Mentari dengan 12 angka.

3. Daftar Nomor Prefix untuk Provider Tri

Setelah Indosat, ada pula nama operator Tri yang menjadi primadona kaum tidak mau rugi. Jika dibandingkan dengan Indosat, maka Tri akan memiliki harga yang lebih rendah lagi. 

Operator ini cocok untuk digunakan di pusat-pusat kota. Alasannya tentu karena kemampuan unggul dari Tri adalah jaringan kuat di pusat kota. Namun untuk pengguna Tri yang bertempat agak jauh, sepertinya harus agak bersabar dengan keadaan jaringan Tri.

Beberapa nomor prefix yang digunakan oleh provider Tri adalah:

  • 0895 untuk kartu Tri Prabayar atau Pascabayar dengan 12 hingga 13 angka.
  • 0896,0897, 0898, dan 0899 untuk kartu Tri Prabayar atau Pascabayar dengan 11 hingga 12 angka.

4. Daftar Nomor Prefix untuk Provider Smartfren

Di nomor 4 ada provider yang berangkat berjuang sebagai CDMA terlebih dahulu. Sejak awal keluar, Smartfren sudah memiliki banyak penggemar dari kalangan pengguna CDMA. Meskipun pada saat itu, jaringan Smartfren masih belum seluas sekarang.

Kini, setelah berubah menjadi GSM pun, Smartfren masih saja menjadi primadona. Smartfren memberikan banyak kemudahan dan bonus pada pelanggannya. Karenanya, pelanggan Smartfren merasa penggunaan Smartfren bisa membantu untuk lebih berhemat.

Berikut ini adalah beberapa nomor prefix yang dimiliki oleh Smartfren:

  • 0881
  • 0882
  • 0883
  • 0884
  • 0885
  • 0886
  • 0887
  • 0888
  • 0889

5. Daftar Nomor Prefix untuk Provider XL

Di nomor 5 ada provider yang disebut sebagai providernya orang kota. Ya, XL adalah sebuah provider lokal yang kebanyakan penggunanya adalah orang yang tinggal di kota. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan jangkauan XL yang tidak terlalu luas. 

Meski begitu, XL tidak boleh diremehkan. Karena jaringannya yang terbatas di kota, XL hanya akan berfokus pada daerah kota. Maka dari itu, tak heran jika saat digunakan di perkotaan, XL Axiata akan menjadi provider yang sangat cepat dan lancar. Karenanya pelanggan XL juga sangat banyak ditemui.

Berikut ini daftar nomor XL yang digunakan:

  • 0817(10 hingga 12 Angka).
  • 0818(10 hingga 12 Angka).
  • 0819(10 hingga 12 Angka).
  • 0859(untuk 12 angka).
  • 0877(untuk 12 angka).
  • 0878(untuk 12 angka)

6. Daftar Nomor Prefix untuk Provider Axis

Yang terakhir adalah satu operator yang telah melakukan merger dengan XL Axiata yaitu Axis. Awalnya Axis adalah perusahaan yang berdiri sendiri. Namun beberapa saat yang lalu, dua perusahaan besar ini memutuskan untuk bergabung di bawah nama XL Axiata.

Namun bukan karena Axis kini berada di bawah XL, Axis jadi memiliki nomor prefix yang sama. Kedua perusahaan ini memang melakukan merger, namun Axis tetap berjalan dengan namanya sendiri. Begitu pula dengan nomor prefix yang digunakan. Sebagai provider resmi, Axis memiliki nomor prefix yang berbeda dengan XL.

Berikut ini daftar lengkap prefix yang digunakan oleh Axis:

  • 0813, 0832, dan 0833 untuk Kartu Axis dengan 10 hingga 12 angka.
  • 0838 untuk nomor Axis dengan 12 angka.

Setelah mengetahui 0852 kartu apa, kini tidak perlu bingung lagi jika ada nomor tidak dikenal. Nomor tersebut sudah pasti menggunakan kartu Telkomsel. Begitu juga dengan nomor-nomor yang lainnya. Dengan sajian daftar nomor prefix beserta provider diatas, nomor telepon akan lebih mudah diketahui kartu operatornya.