Inilah Cara Membuat Sorotan di Instagram dengan Mudah

Sorotan Instagram adalah suatu fitur untuk menampung Story dalam waktu yang lebih panjang. Fitur ini bisa dipakai karena Story Instagram hanya akan tampil selama 24 jam saja. Untuk memilikinya, ada 2 cara membuat sorotan di Instagram yang bisa dipraktikkan. Semua cara yang ada sangat mudah untuk diaplikasikan.

Dua cara yang akan diberikan tentu saja memiliki metode yang berbeda-beda. Setiap metode bisa dipakai menyesuaikan dengan kebutuhan. Penasaran bagaimana cara membuat sorotannya? Berikut adalah cara yang bisa dipakai dan dipraktikkan dengan mudah tanpa harus memerlukan metode yang rumit:

Cara Membuat Sorotan dengan Membuat Story Terlebih Dahulu

Metode pertama yang bisa dipakai adalah dengan membuat Story di Instagram terlebih dahulu. Cara ini sangat mudah diaplikasikan jika pengguna sudah terlanjur membuat Story dan ingin menyimpannya lebih lama. Untuk hal ini, ada beberapa langkah yang bisa diaplikasikan dengan cepat. Berikut di antaranya:

1. Buka Instagram dan Buat Story

Langkah pertama yang harus dipraktikkan adalah membuka Instagram pribadi. Jika belum memiliki Story yang bisa disimpan, maka harus membuat Story terlebih dahulu. Bisa membuat dengan video maupun foto. Sesuaikan saja Story yang dibuat dengan kebutuhan masing-masing individu untuk dipakai sebagai sorotan.

2. Pencet Tombol Sorotan

Setelah membuat Story, maka perhatikan jajaran menu yang ditampilkan di bagian bawah Story tersebut. Kemudian pencet tombol “Sorot” yang ada di bagian paling kiri. Beri nama sorotan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Dengan demikian, nama sorotan yang tampil akan menggunakan nama tersebut.

3. Pencet Tombol Tambahkan

Jika sudah, lanjutkan dengan memencet tombol “Tambahkan” yang ada di bagian bawah. Dengan cara ini, maka sorotan sudah berhasil dibuat dengan mudah. Untuk mengeceknya, buka saja menu “Profil” di Instagram dan lihat apakah ada menu “Sorotan” di bagian atas Feed Instagram. Jika ada, maka proses sudah selesai.

Metode Membuat Sorotan Tanpa Membuat Story Terlebih Dahulu

Selain cara di atas, cara membuat sorotan di Instagram juga bisa dilakukan tanpa harus membuat Story terlebih dahulu. Langkah ini akan pas digunakan pengguna yang ingin memiliki sorotan untuk Story yang baru akan dibuat nanti. Berikut adalah urutan langkah-langkah yang bisa dipakai oleh pengguna secara sederhana:

1. Buka Instagram dan Masuk Menu Pengaturan

Pertama, pengguna harus membuka Instagram pribadi yang dimiliki. Kemudian pergi ke menu “Profil” untuk melanjutkan langkahnya. Jika sudah masuk menu tersebut, pencet tombol tiga garis horizontal di bagian atas. Lalu cari menu “Pengaturan” yang letaknya bisa di atas bisa di bawah menyesuaikan jenis Instagramnya. Selanjutnya buka menu tersebut.

2. Pilih Menu Privasi

Setelah masuk menu “Pengaturan”, pengguna harus melanjutkan dengan masuk menu “Privasi”. Pada menu tersebut, akan ada menu “Cerita” yang harus dipilih pengguna. Lanjutkan langkah dengan memencet “Sembunyikan Cerita dari”. Pada bagian ini, pengguna bisa menyembunyikan Story agar tidak terlihat.

3. Buat Story

Jika semua langkah di atas sudah, langkah selanjutnya adalah kembali ke menu utama. Kemudian pengguna diharuskan membuat Story. Tambahkan Story tersebut ke bagian “Sorotan” dan akhiri dengan memencet tombol “Tambahkan”. Dengan langkah ini, maka Sorotan sudah bisa dibuat dengan mudah.

Dua metode atau cara membuat sorotan di Instagram di atas bisa diaplikasikan oleh siapa pun. Asal mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan, maka tidak akan ada halangan berarti. Perhatikan juga jaringan internet yang dipakai. Jika tidak lancar, maka proses akan terpengaruh dan bisa jadi tidak selesai.

Baca Juga :  Ciri-ciri dan Cara Melaporkan Penipuan Online Shop di IG dengan Mudah

Check Also

Ketahui Cara Promosikan Video YouTube Ini, Dijamin Ampuh!

Tengah merintis karir untuk menjadi seorang YouTuber terkenal? Jangan lewatkan cara promosikan video YouTube yang …