Ikuti 6 Cara Trending Youtube Ini agar Jadi YouTubers Terkenal

Banyak orang ingin menjadi youtuber karena penghasilannya yang cukup menjanjikan. Meskipun demikian tidak semua orang mengetahui bagaimana cara trending YouTube. Padahal, ini penting untuk meningkatkan popularitas channel hingga bisa menjadi seorang YouTuber.

Masih bingung bagaimana membuat video YouTube menjadi trending? Tenang saja, karena hal tersebut bisa dilakukan dengan cara berikut:

1. Pahami Algoritma YouTube

Jangan sepelekan algoritma YouTube karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap popularitas konten video yang telah diunggah. Adapun, algoritma di YouTube sangat berkaitan dengan total durasi menonton video dari viewers.

Selain itu,  algoritma juga memperhitungkan seberapa sering viewers dan subscribers datang mengunjungi suatu channel YouTube. Oleh karena itu, selain membuat konten video yang bisa menarik banyak viewers, channel YouTube juga harus dikelola dengan baik supaya ada banyak pengguna YouTube yang mengunjungi channel.

2. Unggah Video Berdurasi Minimal 8 Menit

Cara training YouTube yang kedua yaitu dengan mengunggah video berdurasi paling sedikit 8 menit atau lebih. Video yang memiliki durasi 8 menit atau lebih memiliki performa dan kinerja yang lebih memuaskan daripada dengan video berdurasi pendek.

Selain itu, pemilik channel juga sebaiknya mengunggah konten andalan. Yaitu, konten video yang paling menarik dan diperkirakan bisa membuat viewers tertarik menonton hingga durasi selesai bahkan ketagihan untuk menonton video lainnya.

3. Usahakan Video Mendapatkan Penayangan Banyak dalam 3 Hari

Video yang baru diunggah setidaknya harus mendapatkan penayangan terbanyak dalam waktu 3 hari setelah diunggah. Untuk mendapatkan penayangan yang banyak bisa diakali dengan membagikan link video di media sosial.

Selain itu, pemilik channel juga bisa memanfaatkan subscriber agar mau menonton video yang telah diunggah. Untuk meningkatkan encourage dengan subscriber, informasikan di media sosial setiap kali ada video YouTube baru.

4. Konsisten Mengunggah Video dengan Tema Spesifik

Untuk mendapatkan subscribers yang loyal, sebaiknya konsisten dalam mengunggah video dengan tema spesifik. Subscribers yang loyal ini sangat penting kehadirannya karena bisa mendongkrak popularitas channel serta video YouTube menjadi trending. Oleh karena itu, buatlah konten video dengan tema yang serupa.

Konten video yang membahas tema terlalu umum kemungkinan akan sulit mendapatkan subscriber yang loyal. Kecuali, jika channel yang akan dikembangkan adalah channel berita yang selalu update setiap hari.

5. Buat Thumbnail Menarik

Sebelum mengklik video YouTube dan menontonnya, biasanya viewer akan melihat thumbnail terlebih dahulu. Oleh karena itu untuk mencuri perhatian banyak viewers, buatlah thumbnail yang menarik. Sebagian YouTubers lebih suka membuat thumbnail yang clickbait dan sensasional.

Sebetulnya tak ada salah nya untuk mengikuti trik tersebut selama thumbnail sesuai dengan isi konten video. Namun, sebaiknya sesuaikan lagi dengan karakter subscriber karena tak jarang juga subscriber yang justru membenci thumbnail clickbait.

6. Konsisten Mengunggah Video Secara Rutin

Cara terakhir yang sering disepelekan oleh YouTuber pemula yaitu konsisten mengunggah video secara rutin. Padahal YouTubers yang sudah sukses selalu mengunggah video secara berkala, misalnya satu kali dalam seminggu.

Selain itu, penting juga untuk menentukan waktu penayangan video. Sebaiknya unggah video pada waktu prime time karena ini adalah waktu terbaik untuk mendapatkan banyak viewers. Cara sederhana ini mampu membuat subscriber selalu menantikan video-video terbaru dan membuat subscriber menjadi loyal.

Itulah cara trending YouTube yang bisa dilakukan pemula agar menjadi Youtuber terkenal. Lakukanlah keenam cara di atas untuk mendapatkan hasil maksimal. Selamat mencoba!