Kenapa Video Offline Youtube Tidak Bisa Dibuka? Berikut Adalah Alasannya

Aplikasi YouTube memiliki sebuah fitur dimana pengguna bisa mengunduh video yang diinginkan. Namun, dengan catatan video tersebut sudah diijinkan untuk diunduh oleh kreatornya. Video yang sudah diunduh akan tersimpan dalam aplikasi YouTube. Dalam beberapa kasus, video yang sudah diunduh tidak bisa dibuka. Berikut ini adalah penyebab kenapa video offline YouTube tidak bisa dibuka:

1. Membuka di Device Berbeda

Jika pengguna memiliki beberapa device dengan satu akun YouTube, ada kemungkinan video yang diunduh tidak bisa dinikmati pada semua perangkat. Hal ini karena, jika menggunakan perangkat lain untuk menonton video yang sudah diunduh itu tidak bisa dilakukan. Video hanya akan tersimpan pada perangkat yang mengunduh videonya dan tidak akan otomatis tersimpan pada perangkat lain.

2. Habis Masa Unduhan

Bagi yang belum tahu, video yang diunduh pada aplikasi YouTube ini bisa hilang dalam kurun waktu 2 bulan. Istilah lainnya, video yang disimpan bisa kadaluarsa dalam hitungan beberapa bulan. Untuk itu, harus diperbaharui unduhannya secara berkala untuk terus menikmati video tersebut dalam keadaan offline. Sistem YouTube biasanya akan secara otomatis memperbaharui video-video yang ada jika diizinkan.

Baca Juga :  Cara Meminta Izin Hak Cipta Youtube Dari Pemilik Karya

3. Membership Habis

Sejak adanya YouTube Premium, beberapa kreator memberlakukan sistem membership bagi yang ingin mengunduh videonya. Ada kemungkinan jika video yang sudah diunduh tersebut merupakan video premium yang diunduh ketika YouTube premium masih berlaku. Otomatis saat akun premium tersebut habis masanya, video yang sudah diunduh tidak bisa ditonton kembali.

Untuk mengatasinya, pengguna cukup memperpanjang masa membership dari YouTube premium. Setelah itu video yang tidak bisa dilihat tadi akan kembali seperti semula.

4. Storage Penuh

Smartphone memiliki memori penyimpanan yang berbatas, apalagi pada smartphone low end yang terjangkau dengan memori yang tidak banyak. Pengunduhan video-video dari YouTube akan membuat memori penyimpanan semakin sesak sehingga sebagian video tidak bisa dibuka kembali. Sebelum mengunduh pastikan kembali jika memori yang tersisa memadai untuk menyimpan video.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Aplikasi YouTube Latar Belakang Berkualitas dan Terbaik, Wajib Tahu!

5. Aplikasi YouTube bermasalah

Sebuah aplikasi merupakan suatu ciptaan manusia yang tentunya banyak terdapat kekurangan. Sehingga seringkali aplikasi mendapatkan masalah pada beberapa pengguna. Hal ini juga berlaku pada aplikasi YouTube, ada kemungkinan aplikasi YouTube bermasalah dan harus diperbaiki.

Ada baiknya menginstall versi terbaru dari YouTube agar mendapatkan bug fix dari masalah yang dialami pada versi sebelumnya. Jika masih tidak bisa, coba untuk melaporkannya pada CS YouTube untuk penanganan lebih lanjut.

6. Terlalu Banyak Cache

Salah satu penyebab yang banyak terjadi pada pengguna adalah karena data aplikasi YouTube yang penuh. Aplikasi YouTube menyimpan beberapa data pengguna seperti riwayat tontonan, serta riwayat pencarian yang semuanya tersimpan pada data YouTube smartphone. Oleh karena itu rajinlah untuk membersihkannya agar tidak menumpuk terlalu banyak.

Cache yang terlalu banyak bisa membuat aplikasi tidak optimal dan membuat penggunaan aplikasi terhambat. Mengingat YouTube adalah aplikasi berbagi video, otomatis cache yang dibentuk dari aplikasi ini bisa cukup banyak.

Baca Juga :  Adakah Cara Menghapus Subscription di YouTube? Begini Penjelasannya

7. Akses Video Ditutup

Alasan terakhir yang bisa jadi penyebab kenapa video offline YouTube tidak bisa dibuka yaitu dari penutupan akses oleh pemilik video. Ada beberapa pemilik video yang lebih memilih untuk menutup akses dari suatu video karena satu dan lain hal. Kemungkinan penutupan tersebut karena ingin menjaga privasi, atau mungkin video tersebut adalah endorsement yang telah selesai kontraknya.

Demikian pembahasan kali ini mengenai penyebab kenapa video offline YouTube tidak bisa dibuka. Di antara 7 penyebab di atas kebanyakan terjadi karena adanya masalah dari device pengguna. Ini bisa terjadi karena pada dasarnya video untuhan ini akan tersimpan di smartphone pengguna.