Apakah Live Streaming YouTube Menambah Jam Tayang? Ini Dia Jawabannya

Tidak mudah untuk monetisasi channel YouTube karena terdapat beberapa persyaratan termasuk minimal jam tayang. Selain membuat banyak video atau membuat video dengan durasi panjang, creator kerap melakukan live streaming. Namun, apakah live streaming Youtube menambah jam tayang?

Pasalnya, kini creator banyak yang melakukan live streaming karena lebih interaktif dan digadang-gadang bisa menambah jam tayang. Namun, apakah benar jika melakukan live streaming bisa menambah jam tayang? Jika ingin tahu jawabannya, yuk simak artikel berikut:

Apa Itu Jam Tayang pada YouTube?

Jam tayang adalah jumlah jam yang dihasilkan dari keseluruhan video yang ada pada suatu channel YouTube. Setiap detik video yang ditonton di suatu channel YouTube akan masuk pada perhitungan jam tayang. Jadi, jam tayang tidak ditentukan seberapa banyak video yang ada pada suatu channel YouTube.

Bisa saja dalam satu channel YouTube memiliki banyak video tetapi jumlah jam tayangnya sedikit. Atau, ada pula satu channel YouTube yang memiliki banyak jumlah jam tayang meskipun jumlah videonya sedikit. Jam tayang di YouTube sangat penting karena semakin banyak jam tayang maka lebih besar kemungkinan direkomendasikan YouTube.

Jam tayang pada YouTube juga sangat penting jika ingin memonitasi channel YouTube. Pasalnya, channel YouTube hanya bisa dimonetisasi jika mencapai 4000 jam tayang dengan minimal 1000 subscribers. Itulah mengapa jam tayang memiliki peranan penting pada sebuah channel YouTube.

Apakah Live Streaming YouTube Menambah Jam Tayang?

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya jika channel YouTube yang ingin dimonetisasi harus memenuhi jam tayang minimal, yaitu 4000 jam dengan 1000 subscribers. Kini banyak cara yang bisa ditempuh untuk memperpanjang jam tayang, seperti membuat video dengan durasi yang panjang atau memperbanyak video di YouTube. Lalu, bagaimana dengan live streaming, apakah live streaming YouTube menambah jam tayang?

Pasalnya, kini banyak channel YouTube yang menyukai untuk live streaming karena bisa berinteraksi langsung dengan penonton. Pada saat live streaming, jumlah jam tayang tidak terhitung. Namun, jika video live streaming tersebut disimpan dan ditonton setelah melakukan live streaming, maka jumlah jam tayang akan terhitung.

Oleh karena itu, jika pertanyaannya apakah live streaming YouTube menambah jam tayang, jawabannya adalah ya, bisa. Asalkan video live streaming tersebut ditonton setelah live streaming selesai. Jadi, ketika sedang live streaming namun penontonnya masih sedikit, jangan berkecil hati. Tetaplah simpan video tersebut karena nantinya bisa ditonton oleh penonton yang kemudian menambah jam tayang channel YouTube.

Tips Menambah Jam Tayang pada YouTube

Menambah jam tayang pada YouTube bisa ditempuh dengan berbagai cara. Misalnya yaitu membuat banyak video maupun membuat video dengan durasi 5 menit keatas. Cara lainnya untuk menambah jam tayang pada channel YouTube yaitu dengan membuat video yang sedang trending atau viral.

Pasalnya, dengan membuat video yang sedang trending, penonton akan lebih tertarik untuk menonton hingga habis. Kemudian, lakukan kolaborasi dengan YouTuber lain yang lebih besar atau lebih terkenal. Dengan begitu, viewer dari YouTuber yang diajak kolaborasi akan menonton video tersebut. Terakhir, tentu saja ciptakan video yang bermutu dengan kualitas yang baik agar penonton betah menonton videonya.

Beberapa tips untuk menambah jam tayang pada YouTube, misalnya membuat video dengan durasi di atas 5 menit, membuat banyak video, atau membuat video yang sedang trending. Lalu, apakah live streaming YouTube menambah jam tayang? Jawabannya adalah iya, bisa asalkan video tersebut ditonton setelah melakukan live streaming.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

apakah live streaming youtube menambah jam tayang