Kenapa Live Streaming di YouTube Tidak Bisa? Cari Tahu Alasannya

Fitur live streaming sangat digemari YouTuber karena sifatnya yang interaktif dan real time. Sayangnya, tidak semua creator tidak bisa melakukan live streaming karena alasan tertentu. Oleh karena itu, creator tersebut harus mengetahui alasan kenapa live streaming di YouTube tidak bisa.

Ada banyak alasan kenapa live streaming di YouTube tidak bisa. Misalnya, mulai dari tidak memenuhi persyaratan, adanya pelanggaran hak cipta, menampilkan anak di bawah 13 tahun, dan lain sebagainya. Jika ingin tahu lengkap mengapa tidak bisa live streaming di YouTube, berikut ini adalah ulasannya:

1. Tidak Memenuhi Persyaratan

Alasan kenapa live streaming di YouTube tidak bisa yang pertama yaitu karena channel YouTube tersebut tidak memenuhi persyaratan. Hal ini karena YouTube memiliki beberapa persyaratan sehingga hanya channel YouTube tertentu yang bisa melakukan live streaming melalui perangkat seluler.

Misalnya, jika ingin melakukan live streaming melalui smartphone, channel YouTube tersebut harus memiliki minimal seribu subscribers. Namun, jika creator channel YouTube ingin tetap melakukan live streaming namun belum mencapai seribu subscriber, bisa melakukan streaming melalui webcam atau komputer.

2. Pelanggaran Hak Cipta

YouTube sangat ketat dalam pengaturan hak cipta sehingga jika ketahuan terdapat pelanggaran hak cipta, maka fitur live streaming bisa di non aktifkan oleh YouTube. Oleh karena itu, pastikan tidak menyertakan sesuatu yang memiliki hak cipta. Jika tidak, channel YouTube tersebut akan menerima teguran hak cipta melalui email dan video tersebut akan dimonetisasi oleh pemegang hak cipta tersebut.

Kemudian, pastikan juga live stream yang dilakukan berbeda dengan live streaming yang memiliki hak cipta. Misalnya, jika ingin menampilkan sebuah video pada live streaming, pilihlah musik dengan hati-hati. Pilih musik yang bisa digunakan secara gratis atau bisa membeli hak tersebut agar bisa digunakan pada sebuah video.

3. Menampilkan Anak di Bawah Umur

YouTube membatasi berbagai fitur jika channel atau video YouTube tersebut dibuat untuk anak-anak. Misalnya adalah seperti fitur live chat, komentar, notifikasi pengingat, video sorotan, dan iklan. Salah satu alasan kenapa live streaming di YouTube tidak bisa karena live streaming tersebut menampilkan anak di bawah umur.

Hal ini dilakukan YouTube guna melindungi anak-anak di bawah umur di YouTube. Jadi, YouTube tidak memberi izin bagi anak yang berusia bawah tiga belas tahun melakukan live streaming tanpa adanya dampingan dengan orang dewasa. Channel YouTube yang tidak mematuhi kebijakan ini tentu saja akan kehilangan fitur live streaming.

4. Terkena Pembatasan Live Streaming

Channel YouTube yang terkena pembatasan live streaming tentunya berimbas pada di non aktifkannya fitr live streaming. Ada dua penyebab mengapa suatu channel YouTube bisa terkena pembatasan, yaitu melanggar hak cipta yang sudah dijelaskan pada poin di atas dan terkena pedoman komunitas.

Pedoman komunitas yaitu aturan yang mengatur tata cara berperilaku di YouTube. Adapun berbagai macam pedoman komunitas yang harus dipatuhi agar bisa melakukan live streaming sangatlah beragam. Misalnya, dilarang menampilkan konten yang bersifat spam dan praktik penipuan, konten sensitive, konten kekerasan atau berbahaya, dan konten yang menampilkan barang ilegal yang diatur oleh hukum.

5. Sistem Perangkat Android Bermasalah

Penyebab terakhir suatu channel YouTube tidak bisa live streaming adalah terdapat masalah pada sistem perangkat Android meskipun channel YouTube tersebut sudah memiliki lebih dari seribu subscribers. Bisa saja terdapat bug aplikasi YouTube pada sistem Android tersebut.

Maka, cobalah untuk cek apakah ada pembaruan perangkat lunak atau update system yang terabaikan. Jika tidak ada, cobalah untuk menghapus cache pada aplikasi YouTube yang ada di sistem Android. Apabila masih tidak bisa juga, pilih Pengaturan, klik Aplikasi dan Notifikasi, pilih YouTube, dan klik Hapus Data.

Itulah 5 alasan kenapa live streaming di YouTube tidak bisa. Cobalah periksa satu demi satu poin yang sudah dijelaskan di atas untuk mengetahui alasan pastinya. Jika sudah, maka live streaming sudah bisa dilakukan kembali di channel YouTube.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

tidak bisa live di YouTube