Parents Wajib Tahu, Cara Mengaktifkan YouTube di Family link Sangat Mudah!

Penggunaan YouTube saat ini dapat diakses oleh siapa pun, bahkan anak dibawah umur sekaligus. Berbagai konten dewasa yang tidak selayaknya ditonton membuat orang tua menggunakan YouTube family. Cara mengaktifkan YouTube di family link juga cukup mudah untuk dilakukan. Berikut ulasannya.

Tentang YouTube Family Link

Merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu para orang tua dalam menetapkan tayangan untuk buah hatinya. Anak merupakan aset dalam sebuah keluarga yang sangat penting dijaga dari berbagai situs yang memberikan dampak buruk. Banyak konten terkait pornografi serta kekerasan dapat mempengaruhi mental anak.

Jaringan serta sel otak pada anak pun akan terganggu, jika melihat tayangan yang tidak sepantasnya. Oleh karena itu telah hadir layanan Family link yang dapat membuat orang tua terasa aman. Tak bisa dipungkiri jika orang tua sendirilah yang memberikan pilihan pada anak untuk menonton YouTube.

Berbagai informasi terkait aktivitas anak ketika menggunakan layanan YouTube sangat mudah dikontrol dengan menggunakan family link. Selain itu juga orang tua dapat melihat history tontonan yang sebelumnya diputar. Banyak manfaat yang dapat dirasakan para orang tua dalam mengawasi anak-anak ketika menggunakan aplikasi YouTube.

Baca Juga :  Begini Cara Membuat Komunitas di YouTube Bagi Pemula

Hal tersebut dipengaruhi berbagai faktor seperti orang tua yang sibuk sehingga tidak bisa menemani anak bermain. Membuat mau tidak mau orang tua dengan terpaksa memberikan smartphone agar anak bermain sendiri. Namun kini kecemasan terhadap YouTube sudah bisa diminimalkan dengan berbagai fitur control yang dapat dilakukan, di antaranya yaitu:

  • Pengaturan batas waktu penggunaan YouTube di perangkat.
  • Memeriksa keberadaan Android yang tengah login.
  • Terdapat notifikasi persetujuan terhadap pembelian aplikasi yang dilakukan anak.
  • Pengelolaan setelan dan pengaturan, contohnya seperti SafeSearch yang dapat dipakai untuk Google pencarian.
  • Melakukan pratinjau terhadap semua fitur yang digunakan anak.
  • Dapat merubah konten, akses dan setelan lainnya pada YouTube.

Cara mengaktifkan YouTube di family link

Untuk dapat mencegah anak menyaksikan tayangan yang tidak seharusnya, maka kontrol dengan menggunakan YouTube Family adalah solusi terbaiknya. Terdapat langkah-langkah untuk mengaktifkannya. Berikut cara yang dapat untuk mengaktifkannya yaitu:

Baca Juga :  Begini Cara Mengunci Video di YouTube Agar Tidak bisa di Download serta Perlindungannya

1. Mengubah Setelan YouTube

Pengguna dapat merubah setelan YouTube dengan sangat mudah, yaitu dengan membuka menu pengaturan yang tersedia. Namun untuk dapat mengikuti tahap detailnya pengguna harus mengikuti langkah-langkah yang ada. Berikut uraiannya.

  • Langkah pertama Buka Family Link.
  • Pilihlah Akun yang biasa digunakan anak.
  • Berikutnya pada setelan klik kelola setelan, pilih lainnya dan klik YouTube Kids.
  • Pada bagian setelan YouTube Kids jangan lupa untuk melakukan edit, menonaktifkan penelusuran dan memblokir video pada akun.

2. Melakukan Kontrol Akses

Berikutnya hal yang harus orang tua lakukan yaitu dengan memeriksa control akses YouTube. Pastikan jika semuanya sudah tidak bisa dibuka, dan periksa apakah ada akun dewasa yang bisa muncul dipencarian YouTube. Berikut, hal yang perlu untuk diperhatikan di antaranya yakni:

  • Pemblokiran atau mengizinkan situs YouTube.
  • Blokir atau izin untuk membuka aplikasi YouTube.
Baca Juga :  Cara Mengembalikan Video YouTube Yang Terhapus Dengan Mudah

3. Melakukan Pengaktifan atau Menonaktifkan Mode Terbatas

Berikutnya untuk pengguna bisa memakai aplikasi YouTube serta fitur lainnya ke dalam akun anak ketika telah beranjak remaja. Pilih pengaturan fitur yang tidak diaktifkan secara default. Orang tua dapat memakai mode terbatas untuk menghindari konten-konten terlarang, caranya yaitu:

  • Buka aplikasi Family link.
  • Klik Kelola setelan dan pilih filter.
  • Berikutnya pilih YouTube.
  • Terakhir aktifkan atau matikan mode terbatas.

Demikianlah pembahasan terkait cara mengaktifkan YouTube di family link dengan melihat berbagai pengaturan. Pastikan untuk membaca dan mempelajari panduannya, sebelum melakukan setting, sehingga tidak ada akses lain selain yang ditetapkan muncul di akun YouTube anak.