Kenali tentang Layanan Private Video YouTube Melalui Uraian Ini!

Tidak dapat dimungkiri bahwa tidak semua orang ingin mempublikasikan video yang dimiliki kepada seorang yang bisa mengakses internet dengan mudah. Apalagi ternyata saat ini sudah tersedia sebuah layanan yang menarik dari YouTube yang dikenal dengan nama layanan private video YouTube. Layanan tentu saja dapat dimanfaatkan sesuai dengan selera yang dimiliki.

Secara garis besar, memang kebanyakan orang memahami layanan YouTube sebagai layanan video yang terbuka yang bisa diakses oleh semua orang. Hanya saja, ternyata walaupun memang bersifat layanan untuk publik secara online, YouTube juga menyediakan layanan secara pribadi terutama untuk video. Mari kenali layanan menarik tersebut melalui uraian di bawah ini:

Apa Itu Layanan Private Video di YouTube

Pertama-tama, setiap pengguna YouTube tentu saja harus mengetahui apa yang dimaksud dengan layanan video secara private yang jarang diketahui ini. Secara sederhana dapat diketahui terlebih dahulu bahwa jenis layanan ini hanya disediakan untuk pengguna yang sudah memiliki akun channel sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya buat dulu akun channel YouTube yang diinginkan.

Baca Juga :  Wajib Tahu, Ini 5 Situs Proxy untuk Buka YouTube Secara Gratis!

Kemudian tidak kalah dengan beberapa layanan terkait video yang sudah disediakan oleh YouTube, layanan ini juga dapat disesuaikan dengan kondisi. Hal yang dimaksud di sini adalah bahwa para pemilik dan pengguna akun channel YouTube dapat memanfaatkannya sesuai keinginan. Cara kerjanya pun sebenarnya mirip dengan layanan yang ada di sosial media.

Untuk penjelasan secara lebih lanjut, jenis layanan untuk menayangkan video secara pribadi ini merupakan bagian dari tipe layanan dari YouTube. YouTube sejak awal sudah menawarkan apakah video yang akan diunggah oleh setiap pengguna akan dipublikasikan ke orang-orang tertentu atau publik. Selain itu, ada yang tidak perlu dipublikasikan kepada orang lain.

Kelebihan Layanan Private Video di YouTube

Sementara itu, untuk jenis layanan private video YouTube ini, setiap pengguna dapat menikmati kelebihan yang sudah disediakan YouTube sejak awal. Misalnya, ada kelebihan yang berkaitan dengan kurangnya potensi untuk bocornya data yang bisa saja terjadi karena sudah mengunggah video. Apalagi jika video tersebut disebar ke masyarakat publik secara luas.

Baca Juga :  Begini Cara Membuat Komunitas di YouTube Bagi Pemula

Selain kelebihan terkait dengan kebocoran data tersebut, ada juga kelebihan yang tidak kalah menarik untuk dinikmati oleh setiap pengguna YouTube. Hal ini dikarenakan setiap pemilik dan pengguna channel YouTube dapat menikmati video yang dimiliki tanpa harus muncul di bagian penelusuran. Selain itu, video tersebut juga tidak tampak di feed subscriber.

Cara Membuat Private Video di YouTube

Beberapa orang mungkin saja memiliki ketertarikan untuk mencoba secara langsung jenis layanan yang sangat menarik seperti private video YouTube ini. Ditambah lagi, jenis layanan ini cocok digunakan oleh para pengguna YouTube yang sudah memiliki channel namun tetap mengutamakan persoalan privasi. Berikut panduan untuk membuat layanan ini dengan tepat dan mudah:

  • Pertama-tama, mulai dengan masuk ke layanan YouTube. Jika menggunakan HP, maka sebaiknya manfaatkan aplikasi yang sudah ada.
  • Jika ternyata menggunakan laptop, maka sebaiknya manfaatkan jenis browser yang memang biasa digunakan seperti Google Chrome.
  • Log in terlebih dahulu ke akun channel YouTube yang sudah dimiliki.
  • Setelah log in, silakan langsung masuk ke menu bernama YouTube Studio.
  • Pada menu tersebut, silakan pilih video yang ingin diatur untuk menjadi private.
  • Kemudian silakan atur visibilitas sesuai dengan keinginan pada pilihan bertuliskan private.
Baca Juga :  Mari Mengenal Apa Itu Algoritma YouTube dan Cara Kerjanya secara Lengkap Berikut

Mengenal jenis layanan private video YouTube ternyata dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya apalagi jika ingin meningkatkan privasi. Selain itu, setiap orang bisa membatasi tersebarnya video yang diunggah pada channel YouTube tidak hanya di penelusuran namun juga feed. Ditambah lagi, prosedur pembuatan videonya pun mudah untuk dipraktikkan sehingga tidak perlu khawatir