Intip Peluang Keuntungan dan Cara Melihat Penghasilan YouTube Sendiri, Kreator Pemula Wajib Tahu!

Bagaimana cara melihat penghasilan YouTube sendiri? Bagi kreator pemula pasti penasaran dan ingin segera melihat penghasilan YouTube dari hasil video yang sudah diupload.

Wajar saja, karena saat ini YouTube bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan yang menjanjikan. Sebelum mengulas cara untuk melihat penghasilan dari channel YouTube, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu peluang keuntungan dari YouTube. 

Melihat Peluang Keuntungan dari YouTube 

Semakin meningkatnya popularitas YouTube, semakin banyak pula orang yang ingin menjadi kreator YouTube terkenal. Bahkan saat ini kreator sudah menjadi profesi karena penghasilannya yang cukup besar. Bagi kreator profesional penghasilannya bahkan bisa melebihi dari seorang pegawai kantoran.

Memangnya apa saja peluang keuntungan dari YouTube? Berikut beberapa hal yang bisa menjadi keuntungan: 

  • Adsense.
  • Konten Sponsor/Endorse.
  • Monetisasi YouTube dari Jumlah Viewers dari Setiap Video.

Cara Melihat Penghasilan YouTube sendiri 

Banyak orang ingin menjadi youtuber karena penghasilannya yang cukup menjanjikan. Sayangnya tidak semua orang mengetahui bagaimana cara untuk melihat penghasilan yang sudah didapatkan dari YouTube.  

Baca Juga :  Cara Nonton YouTube Tanpa Jaringan Internet agar Hemat Kuota

Padahal ini penting untuk melakukan evaluasi dan menentukan langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas konten serta mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Berikut cara untuk melihat penghasilan dari channel YouTube sendiri: 

 1. Cek Creator Studio Klasik 

Creator studio merupakan fitur yang diperuntukkan bagi kreator yang ingin mengelola dan melakukan pengaturan channel YouTube. Selain itu fitur ini juga ternyata bisa dijadikan sebagai sarana untuk melihat penghasilan YouTube dari channel sendiri. Langkah-langkahnya yaitu: 

  • Buka browser dan masuk ke channel YouTube.
  • Pilih menu Profil.
  • Klik Creator Studio.
  • Klik Analytics.
  • Pilih menu Laporan Pendapatan.

Creator studio memang lebih sering digunakan untuk melakukan pengaturan channel. Menariknya, fitur ini juga menyuguhkan informasi analitik untuk melihat siapa saja viewer yang sudah menonton konten video yang diupload.  

Kreator juga bisa mengetahui total durasi penayangan dari keseluruhan video dalam channel yang dikelola. Dengan adanya fitur ini, para kreator dapat mengembangkan karir di YouTube semakin mudah. 

Baca Juga :  Kenali Mode Samaran YouTube, Bisa Jadi Anonim!

2. Cek Lewat Google AdSense

Selain melihat dari Creator studio klasik, cara melihat penghasilan YouTube sendiri juga bisa dilakukan dengan melihat Google AdSense. Langkah-langkahnya yaitu: 

  • Buka situs web Google AdSense.
  • Login menggunakan akun Google yang terhubung ke YouTube.
  • Klik menu ‘Setelan Pembayaran’ di bagian kiri pada halaman beranda.

Untuk diketahui Google AdSense lebih tepat digunakan ketika kreator sudah mendapatkan penghasilan dari iklan yang dipasang pada video YouTube. Jadi, penghasilan yang didapatkan oleh kreator dari banyaknya viewers yang menonton video tidak bisa dilihat melalui Google AdSense. 

 3. Social Blade 

Masih ada satu lagi platform yang bisa digunakan untuk melihat penghasilan channel YouTube yaitu Social Blade. Platform  ini bisa digunakan untuk melihat penghasilan dari channel sendiri dan orang lain. Berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka situs web Socialblade.com.
  • Ketik nama channel YouTube.
  • Tunggu beberapa detik hingga informasi penghasilan channel YouTube ditampilkan.  
Baca Juga :  Sejarah Siapa Pendiri Youtube Hingga Informasi Fitur Bagi Pengguna

Berbeda dengan Creator Studio Klasik dan Google AdSense, informasi penghasilan channel YouTube yang ditampilkan oleh Social Blade hanyalah estimasi. Jadi, informasi tersebut bisa saja tidak tepat.  

Namun, keunggulan dari platform ini yaitu mampu memperkirakan estimasi penghasilan mulai dari penghasilan bulanan hingga tahunan dari suatu channel YouTube. Karena platform ini bisa digunakan untuk mencari tahu penghasilan channel YouTube orang lain maka kreator bisa membandingkan penghasilan sendiri dengan penghasilan kreator lainnya. 

Demikian informasi mengenai peluang keuntungan dari YouTube serta cara melihat penghasilan YouTube sendiri. Meskipun YouTube bisa diandalkan untuk mendapatkan penghasilan, tetap utamakan kualitas konten dan suguhkan informasi bermanfaat untuk audience.