Ketahui 5 Aplikasi SEO YouTube Terbaik yang Bisa Digunakan!

Aplikasi SEO YouTube dibutuhkan untuk mengoptimalkan channel YouTube agar bisa berkembang menjadi lebih baik. Saat ini persaingan untuk menjadi trending di YouTube semakin sulit karena semakin banyak bermunculan kreator baru. Oleh karena itu, kreator pemula yang ingin terkenal wajib menggunakan aplikasi SEO seperti berikut ini:

1. Google Trends 

Google Trends merupakan aplikasi SEO YouTube andalan yang banyak digunakan para kreator profesional. Aplikasi ini menyuguhkan beragam fitur menarik yang dapat membantu kreator dalam mengembangkan channelnya. Dengan menggunakan aplikasi ini, kreator bisa melihat video YouTube apa saja yang sedang trending.  

Setelah mengetahui daftar konten yang trending, kreator bisa mengemasnya lagi menjadi video baru yang lebih menarik. Selain itu, aplikasi ini juga membantu kreator dalam menemukan keyword yang paling banyak dicari para pengguna YouTube ketika mencari video YouTube.  

Seperti diketahui, keyword dalam SEO sangat penting karena dapat membantu konten video YouTube masuk ke dalam hasil pencarian yang direkomendasikan kepada pengguna YouTube. Keyword bisa dimasukkan dalam judul atau caption dalam video YouTube. Aplikasi ini tersedia gratis sehingga kreator pemula tak perlu menyiapkan modal untuk menikmati fitur-fitur SEO. 

2. VidIQ 

Aplikasi berikutnya yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan SEO YouTube yaitu VidIQ. Aplikasi ini bisa membantu kreator untuk meningkatkan popularitas konten video yang telah di-upload. Dengan tools SEO yang tersedia dalam aplikasi ini, kreator bisa melihat bagaimana performa video. Mulai durasi menonton dari viewers, jumlah viewers, hingga memprediksi seberapa besar konten tersebut bisa masuk ke dalam hasil pencarian video YouTube yang direkomendasikan untuk audience.  

Berbeda dengan aplikasi Google Trends yang bisa diakses gratis, aplikasi VidIQ adalah aplikasi berbayar di mana pengguna harus membayar paket per bulannya. Paket dan biaya disesuaikan dengan tools SEO yang ingin diakses kreator. 

3. YouTube Analytic 

Untuk optimasi SEO Google biasanya orang-orang menggunakan Google Analytic. Nah, jika ingin mengoptimasi SEO di YouTube kreator bisa menggunakan YouTube Analytic. Aplikasi ini sangat membantu untuk melihat bagaimana kekuatan serta kelemahan dari suatu channel YouTube.

Selain itu, YouTube Analytics juga membantu kreator dengan untuk melihat berapa jumlah audiensi baru yang mengunjungi channel serta jumlah audience yang sering mengunjungi channel. Kemudian juga aplikasi ini bisa digunakan untuk mendapatkan informasi video mana saja yang memiliki banyak audiens dan jumlah audiens yang menyebarkan video YouTube dengan membagikan linknya. 

4. RapidTags 

Dalam SEO, tags juga diperlukan untuk membantu mendongkrak peringkat video dalam hasil pencarian di YouTube. Nah bagi Creator yang masih sulit untuk menemukan teks yang tepat  bisa menggunakan aplikasi RapidTags. Aplikasi ini akan merekomendasikan teks apa saja yang sesuai dengan konten video YouTube. Creator hanya perlu menginput link video di aplikasi ini, kemudian aplikasi akan menampilkan tags yang cocok untuk video tersebut. 

5. Sepstat 

Masih ada satu aplikasi lagi yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan SEO YouTube. Aplikasi tersebut adalah Sepstat. Banyak yang bilang, bahwa aplikasi ini lebih lengkap dan memiliki fitur yang lebih beragam.  

Aplikasi yang berasal dari Swiss ini memiliki fungsi yang mirip seperti Google Trend. Kreator bisa menganalisis backlink, mencari keyword yang paling tepat, serta mengedit situs channel YouTube yang dikelola. 

Itulah 5 aplikasi SEO YouTube yang wajib dicoba bagi kreator pemula. Selain mengoptimasi SEO dengan baik, sebaiknya kreator juga menyuguhkan konten yang disukai oleh para subscriber untuk meningkatkan popularitas.

Baca Juga :  Cara Blokir Channel YouTube dengan Mudah

Check Also

Ketahui Cara Promosikan Video YouTube Ini, Dijamin Ampuh!

Tengah merintis karir untuk menjadi seorang YouTuber terkenal? Jangan lewatkan cara promosikan video YouTube yang …