Monetize YouTube adalah Ladang Uang untuk Konten Kreator

Monetize YouTube adalah satu keuntungan yang bisa didapatkan dari konten kreator yang telah berhasil mendapatkan jumlah subscriber dan viewers yang memenuhi syarat. Biasanya monetize ini bisa diperoleh dari adsense yang didapatkan pada setiap kali video diputar oleh penonton. 

Nantinya melalui monetize inilah konten kreator bisa mendapatkan uang. Tidak heran bila pada akhirnya YouTube menjadi media penghasil uang yang banyak digunakan. Namun, apa dan bagaimana sih sebenarnya sistem monetize YouTube ini? Simak ulasannya berikut: 

Sekilas Tentang Monetize YouTube 

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya bahwa monetize YouTube adalah suatu sistem yang dirancang untuk memungkinkan konten kreator mendapatkan uang. Seorang konten kreator yang berhasil membuat video menarik tentu saja akan mendapatkan subscriber yang cukup banyak pula.

Melalui jumlah subscriber minimal dan viewers minimal inilah nantinya YouTube dapat dimonetisasi. YouTube sendiri menetapkan angka 1000 sebagai minimal subscriber yang harus dipenuhi konten kreator supaya bisa monetisasi. Sedangkan untuk viewers YouTube menentukan minimal angka berada pada angka 4000 viewers. 

Baca Juga :  Mari Mengenal Apa Itu Algoritma YouTube dan Cara Kerjanya secara Lengkap Berikut

Tentunya untuk dapat melakukan monetisasi ini sendiri konten kreator haruslah terlebih dahulu dapat menarik perhatian penonton. Membuat konten yang menarik atau mengikuti trending yang tengah terjadi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan. 

Melakukan promosi di media sosial atau bahkan menampilkan judul yang menarik juga bisa jadi solusi yang tepat untuk menarik jumlah penonton dan yang mengikuti channel YouTube. Hal lain yang cukup berhasil untuk menarik penonton adalah dengan cara membuat thumbnail yang menarik pada video yang akan diunggah. 

Nantinya apabila konten kreator telah berhasil mendapatkan jumlah subscriber minimal 1000 orang dan jumlah viewers 4000 tayangan maka, dari tahap inilah monetisasi dapat dilakukan. Tentunya dengan beberapa tahap yang harus dilakukan supaya channel terdaftar sebagai konten berbayar. 

Lalu Bagaimana Cara Monetize YouTube?

Tentunya cara untuk monetize adalah hal berikutnya yang ingin dilakukan setelah sebelumnya mengenal sekilas tentang monetize. Nah, lalu bagaimana cara monetize YouTube dengan mudah? Berikut ulasannya: 

Baca Juga :  Begini Cara Membuat Hak Cipta Lagu di YouTube, Mudah dan Cepat!

1. Bergabung dengan YPP 

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh konten kreator yang telah memenuhi syarat monetisasi dan ingin segera mendapatkan penghasilan adalah mendaftar. Pendaftaran ini haruslah terlebih dahulu melalui YPP atau YouTube Partner Program. 

Melalui YPP ini nantinya konten kreator bisa mulai memproses monetisasi pada YouTube. Namun, sebelum itu pastikan juga bahwa konten yang akan disajikan juga menarik supaya saat sudah dimonetisasi, penghasilan bisa terus bertambah. 

2. Mendaftar pada YouTube Adsense 

Tahap berikutnya yang harus dilakukan adalah mendapatkankan akun pada YouTube adsense. Nantinya melalui YouTube adsense inilah konten kreator bisa mendapatkan penghasilan dari video yang diunggah. Pada pendaftaran yang dilakukan, biasanya YouTube akan memandu secara bertahap hingga pendaftaran diterima. 

3. Persiapkan Dokumen Pendukung 

Hal yang perlu dilakukan saat mendaftarkan channel pada YouTube adsense adalah mempersiapkan dokumen pendukung. Biasanya pihak YouTube akan meminta data diri berupa kartu identitas aktif sebagai syarat pendaftaran. Pastikan bahwa kartu identitas merupakan milik sendiri dan sesuai dengan data channel YouTube yang digunakan. 

Baca Juga :  Cara Menyimpan Video Youtube ke Galeri Menggunakan Situs Online

Tunggu beberapa saat hingga proses persetujuan telah selesai. Apabila dalam proses pendaftaran ada kendala yang menyebabkan tidak diterima maka, silahkan periksa dokumen penyerta. Hal ini bisa saja menjadi kendala yang membuat monetisasi tidak dapat disetujui. 

Pada dasarnya monetize YouTube adalah ladang konten kreator mendapatkan uang. Tentunya membuat konten menarik dan memenuhi persyaratan yang diperlukan YouTube adalah hal penting yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Barulah nanti proses monetize bisa dilakukan.