Simak Cara Membuat Reels Instagram dan Ketahui Fitur-Fiturnya

Reels adalah fitur terbaru Instagram yang formatnya menyerupai TikTok. Karena fitur ini memang belum lama dirilis, maka tak heran jika masih banyak pengguna yang tidak mengerti cara membuat reels Instagram. Bagi yang ingin coba fitur reels dan tidak mengetahui caranya, tenang saja karena hal ini akan diulas lengkap dalam artikel ini.

Cara Membuat Konten Reels Instagram

Fitur reels di Instagram sekilas memang mirip TikTok. Bahkan, banyak kreator TikTok juga memposting kontennya di reels. Nampaknya Instagram memang tak mau kalah saing dengan TikTok yang saat ini sedang populer.

Lalu, bagaimana cara membuat reels Instagram? Berikut langkah-langkahnya:

  • Tap ikon kamera pada halaman beranda. Saat membuka aplikasi Instagram, tap ikon kamera untuk mengakses fitur Reels.
  • Pilih Menu Reels. Ada 3 pilihan menu setelah pengguna mengetuk ikon kamera yaitu Live, Story, dan Reels. Pilihlah menu Reels.
  • Tap tombol lingkaran putih untuk merekam konten. Jika sudah siap untuk membuat konte, tap tombol lingkaran putih untuk merekam. Durasi konten bisa diatur mulai dari 15 detik hingga 1 menit.
  • Tap ikon musik untuk menambahkan musik. Agar konten terlihat menarik, masukkan musik pada konten reels. Pengguna bisa memilih musik sesuai dengan keinginan.
  • Tambahkan filter. Sama seperti Instagram Story, konten yang sudah direkam bisa ditambahkan filter.
  • Bagikan reels. Jika konten reels sudah diedit dan siap dibagikan, bagikanlah konten tersebut kepada followers. Tambahkan caption dan tap tombol ‘Bagikan’.
Baca Juga :  Kenapa Filter Instagram Tidak Bisa Digunakan? Simak Jawabannya di Sini

Apa Saja Fitur Instagram Reels?

Setelah mengetahui cara membuat reels Instagram, pengguna juga perlu mengetahui fitur-fitur yang tersedia di reels Instagram. Berikut beberapa fitur di reels Instagram yang bisa membuat konten menjadi semakin menarik:

1. Remix

Fitur ini membantu pengguna membuat konten reels dan menggabungkannya dengan konten reels yang sudah diposting pengguna lainnya. Fitur ini sering digunakan untuk membuat konten kolaborasi seperti bernyanyi duet. Jadi, dalam 1 layar akan ada 2 konten yang menggabungkan video dari 2 pengguna Instagram.

Baca Juga :  Cara Download Video di IGTV, Begini Penjelasannya

2. Musik

Sama seperti konten TikTok, konten reels di Instagram juga bisa ditambahkan musik. Selain itu, pengguna juga bisa memasukan voice over. Jadi, pengguna bisa menggabungkan musik dengan suara seperti halnya menambahkan narasi pada video.

Untuk lebih memudahkan pengguna dalam mencari musik, reels juga memungkinkan penyimpanan musik di akun pengguna. Ketika pengguna menemukan musik yang disukainya dari konten pengguna lain, musik tersebut bisa disimpan.

3. Efek Augmented Reality

Selain filter, pengguna juga bisa menambahkan fitur efek augmented reality (AR) pada konten reels. Fitur ini bisa membantu mempercantik wajah atau menampilkannya sebagai topeng. Orang pun sering menyebut fitur ini sebagai fitur badai.

Fitur AR sendiri dikembangkan dengan teknologi canggih yang dapat menggabungkan elemen dunia nyata yang dalam hal ini konten reels dengan virtual. Jadi, efek yang menggunakan teknologi AR terlihat seperti nyata meskipun efek itu sendiri dibuat dengan menggunakan animasi.

Baca Juga :  7 Cara Mengembalikan Filter Instagram yang Hilang yang Bisa Dicoba

4. Tab Reels

Instagram menyediakan tab khusus untuk menampilkan konten-konten reels. Fitur ini semacam menjadi panggung bagi para kreator yang ingin berkreasi di reels Instagram. Selain itu, fitur ini juga memudahkan pengguna dalam menonton konten reels karena tidak digabung dengan postingan feed dan IGTV.

Seperti itulah cara membuat Reels Instagram serta ulasan mengenai fitur-fitur dalam reels. Daripada membuat akun TikTok, lebih baik manfaatkan akun Instagram yang sudah ada dan buatlah konten reels! Tertarik mencobanya?