Cara Edit Tulisan di TikTok
Cara Edit Tulisan di TikTok

Cara Edit Tulisan di TikTok Agar Tampak Menarik

Mengunggah video melalui platform TikTok dapat menjadi kesenangan tersendiri. Terlebih, ada banyak fitur yang dapat digunakan untuk mengedit videonya. Termasuk cara edit tulisan di TikTok sehingga menjadi lebih unik. Selain isi konten yang menarik, bagian eksternal seperti tulisan juga berperan dalam meningkatkan engagement. Harapannya, video bisa masuk FYP sehingga dilihat banyak orang.

Cara Menambahkan Tulisan di TikTok

Saat akan mengunggah konten di TikTok, pengguna bisa memberi tambahan dalam videonya. Tujuan adanya tulisan ini beragam, bisa untuk memperjelas informasi yang ingin disampaikan, membuat video semakin menarik, dan sebagainya. Inilah cara untuk menambahkan tulisan:

1. Merekam atau Memasukkan Video

Masuk ke TikTok. Di halaman utamanya klik tombol plus yang ada di bawah untuk memulai perekaman video. Mulailah merekam seperti biasanya, setelah selesai klik pada tombol centang warna merah yang ada di kanan bawah. Apabila ingin mengedit video yang sudah ada, bisa langsung mengambilnya dari penyimpanan di perangkat.

2. Mengetikkan Teks

Tekan tulisan “Text” yang ada di halaman edit video. Masukkan teks untuk ditambahkan ke video. Jika sudah selesai, tekan “Finish” untuk menyimpan tulisannya. Sekarang tulisan sudah berada dalam video dan dapat diletakkan di tempat yang sesuai. Tulisan ini bisa diedit sehingga menjadi lebih unik dan tidak monoton.

Cara Edit Tulisan di TikTok

Setelah memahami langkah untuk menambahkan tulisan, pengguna juga bisa mengatur teks tersebut agar tampak menarik. Pengaturan teks yang tepat juga efektif dalam membuat penonton betah dan menyerap apa yang ingin disampaikan dalam video. Berikut beberapa cara untuk mengedit tulisannya:

1. Mengedit Model dan Posisi Tulisan

Klik pada nama-nama model tulisan yang tersedia di TikTok. Di sini ada lima pilihan yang tersedia yakni Classic, Neon, Typewriter, Serif, serta Handwriting. Klik pada salah satu dari nama tersebut untuk mencobanya pada teks yang sudah ada di video. Tekan sampai menemukan model yang dirasa cocok, kemudian untuk menyimpannya tinggal klik di tempat selain teks.

Sekarang tulisan sudah berubah model sesuai dengan yang dipilih. Pengguna juga dapat menata posisi dari tulisan ini. Klik di logo berbentuk garis (paragraf) yang ada di menu edit. Ada rata kiri, tengah, serta kanan. Klik sampai menemukan posisi yang paling pas.

2. Mengedit Background

Ketuk fitur untuk merubah latar belakang tulisan, yakni logo persegi dengan huruf A di dalamnya. Cara edit tulisan di TikTok dengan fitur ini cukup mudah, namun bisa membuat kesan yang berbeda pada tampilannya. Misalnya video yang bernuansa gelap bisa diberikan tulisan dengan background putih sehingga lebih terlihat.

Terdapat tiga background tulisan yang bisa digunakan dalam TikTok yaitu warna tebal, transparan, serta garis tepi. Klik terus pada logo huruf A tadi sampai menemukan background yang cocok.

3. Mengedit Warna Tulisan

Sesuaikan warna pada tulisan dengan konten yang dibuat. Contohnya membuat konten bernuansa menenangkan pikiran, maka gunakan warna yang bernuansa kalem. Contohnya biru, putih, atau pink muda.

Di TikTok tersedia banyak pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Untuk menambahkan warna di tulisan, cukup klik ikon lingkaran yang berwarna di bagian bawah. Ketuk pada warna yang diinginkan sampai menemukan yang sesuai dengan tema.

4. Mengedit Durasi Tulisan

Tekan tulisan yang ada di video, lalu klik “Tetapkan Durasi”. Dalam fitur ini, pengguna bisa mengatur kapan tulisan tersebut akan dimunculkan atau dihilangkan. Mulailah mengedit durasi dengan mengatur berapa detik tulisan tersebut akan hilang dan muncul. Hal ini bisa diatur dengan mengarahkan garis yang ada di kotak bawah. Untuk menyimpan, tekan tanda centang.

Itu tadi informasi seputar cara edit tulisan di TikTok yang membuat postingan semakin menarik. Dengan fitur TikTok yang senantiasa diperbarui, rasanya amat disayangkan jika tidak dimanfaatkan. Berbekal kemampuan mengedit tulisan, pengguna bisa berkreasi sendiri hingga kedepannya menghasilkan konten yang lebih menarik.