5 Perbedaan TikTok dan TikTok Lite yang Harus Diketahui

Tiktok adalah aplikasi hiburan yang digemari banyak kalangan. Semakin banyak pengguna aplikasi ini, membuat pihak TikTok semakin berinovasi. Salah satu bentuk inovasinya adalah peluncuran TikTok Lite. Meski dua aplikasi ini diluncurkan pihak yang sama, tapi perbedaan TikTok dan TikTok Lite tidak bisa dihindari kehadirannya.

Untuk perbedaannya sendiri, setidaknya ada lima poin yang harus diketahui. Semakin memahami perbedaan dua aplikasi ini, maka bisa memilih yang paling pas untuk digunakan. Penasaran apa saja perbedaannya? Simak daftar perbedaan lengkap beserta uraian yang ada di bawah ini secara cermat dan seksama:

1. Ukuran TikTok Lite Lebih Kecil dari TikTok Biasa

Perbedaan pertama yang bisa dilihat adalah soal ukuran aplikasinya. Untuk TikTok Lite sendiri, ukuran yang diberikan hanya sekitar 180 Mb saja. Sedangkan untuk aplikasi TikTok biasa, ukurannya bisa mencapai 500 Mb. Perbedaan ini tentu saja sangat besar untuk dua aplikasi yang memiliki kegunaan sama.

Bagi pengguna yang ingin memakai aplikasi TikTok tapi terhalang luas penyimpanan, tentu dengan adanya TikTok Lite akan sangat membantu. Meski ukurannya jauh lebih kecil, aplikasi TikTok Lite tidak memiliki perbedaan yang signifikan pada fiturnya. Sehingga masih bisa dipakai untuk tujuan yang sama dengan TikTok biasa.

Baca Juga :  Cara Menyimpan Video TikTok tanpa Nama untuk Ditonton Sepuasnya

2. TikTok Biasa Memiliki Fitur Report Sedangkan TikTok Lite Tidak

Untuk perbedaan kedua datang dari fitur bernama Report. Jika memakai aplikasi TikTok biasa, maka fitur ini sudah disediakan oleh pihak TikTok. Namun untuk TikTok Lite, tentu saja akan berbeda. Meski banyak fitur yang sama, tapi fitur Report ini sengaja tidak diberikan. Hal ini imbas dari ukuran yang jauh berbeda tadi.

Dengan tidak adanya fitur ini, maka pengguna tidak bisa membuat laporan di aplikasi TikTok Lite. Namun jika memakai aplikasi TikTok biasa, maka pengguna bisa melakukan pelaporan langsung melalui aplikasi bahkan sampai mendapat notifikasinya. Hal ini bisa dilakukan jika terjadi kendala saat penggunaan TikTok.

3. Aplikasi TikTok Menyediakan Fitur Scan Kode QR, Sedangkan TikTok Lite Tidak

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite yang ketiga adalah pada fitur scan kode GR-nya. Jika memakai aplikasi TikTok, maka pengguna bisa men-scan kode QR untuk menuju atau mencari sebuah akun yang diketahui kode QR-nya. Bahkan, pengguna juga akan mendapat rekomendasi iklan di bagian atas pada aplikasi ini.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Tiktok Lite untuk Pemula Supaya Dapat Uang

Poin ini tentu saja berbeda dengan aplikasi TikTok Lite. Pada aplikasi ini, pengguna tidak bisa melakukan scan kode QR dan tidak bisa melihat rekomendasi. Maka dari itu, pengguna masih banyak yang memakai TikTok biasa karena hal ini. Namun jika dirasa fitur ini tidak perlu, maka bisa memanfaatkan TikTok Lite saja.

4. Durasi Konten TikTok Biasa Lebih Panjang dari TikTok Lite

Pada TikTok biasa, pengguna bisa membuat kreasi video hingga durasi 60 detik. Hal ini sangat berbeda dengan TikTok Lite. Karena pada aplikasi ini, pengguna hanya bisa memanfaatkan waktu 15 detik untuk satu video. Bagi orang yang ingin berkreasi dengan video panjang, maka penggunaan TikTok Lite kurang menguntungkan.

Baca Juga :  Cara Edit Tulisan di TikTok Agar Tampak Menarik

5. TikTok Lite Tidak Menyediakan Notifikasi Seperti TikTok Biasa

Perbedaan terakhir muncul dari notifikasinya. Jika memakai TikTok biasa, maka pengguna sudah tidak asing dengan kemunculan notifikasi seperti pada sosial media lainnya. Namun jika memakai aplikasi TikTok Lite, hal seperti ini tidak akan ditemukan. TikTok Lite memang tidak didesain untuk memberi notifikasi kepada penggunanya.

Itulah lima perbedaan TikTok dan TikTok Lite yang perlu diketahui. Dengan adanya informasi ini, maka pengguna bisa dengan mudah memilih salah satu dari keduanya. Jika ingin fitur yang lengkap, maka bisa memilih TikTok biasa. Namun jika ruang penyimpanan di perangkat kurang memadai, maka bisa memanfaatkan TikTok Lite.