Inilah Cara Monetisasi TikTok Bagi Pemula

Di era digital seperti saat ini, sumber penghasilan bisa didapatkan dari berbagai cara. Platform yang saat ini sedang menjadi tren yaitu sosial media, misalnya TikTok. Pengguna perlu belajar cara monetisasi TikTok sehingga bisa mendapatkan uang dari platform berbasis video ini. Tidak hanya menikmati serunya menonton dan membuat video, TikTok juga dapat menjadi sumber pemasukan.

Tips Monetisasi di TikTok

Monetisasi merupakan aktivitas yang dilakukan untuk mengumpulkan penghasilan dari sebuah platform. Sama halnya dengan YouTube, sosial media lainnya seperti Instagram hingga TikTok juga bisa menghasilkan uang. Monetisasi akan lebih mudah dilakukan jika memiliki followers berjumlah banyak. Berikut tips untuk mendapatkannya:

1. Rutin Unggah Konten

Mengunggah konten setidaknya satu kali dalam sehari bisa mendatangkan lebih banyak followers. Hal ini karena setiap konten memiliki kemungkinan untuk masuk FYP. Di sini jumlah penonton akan jauh lebih banyak. Apalagi jika kontennya dibuat dengan kreatif, orisinil dan memberikan dampak positif bagi penontonnya.

2. Berbagi Konten TikTok ke Media Sosial Lainnya

Tips selanjutnya adalah membagikan video yang di post di TikTok menuju akun media sosial yang lain, misalnya Instagram dan Facebook. Hal ini dapat meningkatkan jumlah penonton. Pada akhirnya jika konten menarik, orang lain tidak akan segan untuk mengikuti akun TikTok dan menunggu konten selanjutnya.

3. Melakukan Kolaborasi

Pengguna dapat berkolaborasi bersama pengguna TikTok lainnya, terutama yang jumlah pengikutnya sudah cukup banyak. Dengan ide kreatif disertai penggunaan hastag yang tepat, kemungkinan pertambahan jumlah followers akan meningkat.

Bagaimana Cara Monetisasi TikTok?

Setelah mengetahui tipsnya, pengguna bisa mulai mencoba untuk menggunakan TikTok sebagai wadah untuk mendapatkan uang. Inilah beberapa cara yang perlu diketahui oleh pemula untuk monetisasi TikTok:

1. Mempromosikan Konten

Buat konten yang bermanfaat untuk banyak orang. Sebagai contoh, konten mengenai edukasi seputar psikologi. Hal ini cocok karena masih banyak orang yang salah kaprah dan berpangku pada ilmu yang belum tentu benar. Apabila rajin mengunggah di beranda TikTok, konten ini bisa menjadi sumber monetisasi.

Misalnya dari penawaran kerjasama dengan lembaga lainnya yang memiliki tema serupa. Atau membuat produk yang temanya berhubungan dengan konten, misalnya kaos peduli kesehatan mental atau lilin aromatherapy untuk menenangkan pikiran. Melalui konten berkualitas, kemungkinan masuk FYP semakin tinggi dan bisa menjangkau banyak peluang baru.

2. Menjadi Influencer

Memanfaatkan kepopuleran TikTok untuk menjadi seorang influencer. Cara monetisasi TikTok ini termasuk yang paling efektif untuk mendapatkan uang. Influencer berarti seseorang yang memiliki pengaruh, sehingga akunnya banyak dikunjungi dan disukai pengguna lain. Hal ini bisa mendatangkan peluang.

Contohnya endorse atau promosi berbayar. Seorang influencer bisa dibayar dengan mempromosikan produk atau jasa tertentu. Apalagi saat ini jumlah pengguna TikTok sangat masif sehingga pemasaran melalui video akan lebih efektif. Menjadi influencer tentu harus diikuti kredibilitas serta hubungan yang baik dengan audiens, bukan sekedar mencari viral.

3. Melakukan Streaming

Mulailah melakukan streaming secara live (langsung). Di TikTok, ada fitur yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang yakni payout coins. Fitur yang kerap kali disebut donasi ini cukup sederhana, yakni melakukan streaming. Followers yang menonton bisa memberikan stiker gift, dan nantinya bisa ditukarkan menjadi uang.

Agar konten banyak dilihat oleh followers tentunya membutuhkan usaha. Rutin membuat konten yang menarik dan bermanfaat untuk pengikut, apalagi jika orisinal dan memiliki karakteristik sendiri. Hal ini bisa mendatangkan lebih banyak pengikut yang tertarik menonton. Stiker yang diberikan bisa ditukar dengan uang, karena followers pun membelinya dengan uang.

Demikian informasi tentang cara monetisasi TikTok. Saat ini, aktivitas sosial media tidak selalu tentang menikmati konten orang lain. Sebagai pengguna yang aktif dan jeli melihat peluang, TikTok juga bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan penghasilan tambahan. Bahkan jika dilakukan secara serius dan terus berkembang, dapat menghasilkan lebih banyak lagi.

Baca Juga :  Tata Cara Memasukkan Kode Undangan Tiktok Lite Dengan 3 Langkah Mudah

Check Also

Ketahui Cara Promosikan Video YouTube Ini, Dijamin Ampuh!

Tengah merintis karir untuk menjadi seorang YouTuber terkenal? Jangan lewatkan cara promosikan video YouTube yang …