Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir dengan Mudah

Ada beberapa jenis kendala yang sering dialami oleh para pengguna TikTok. Salah satunya adalah akun TikTok yang dimiliki tidak bisa diakses karena terblokir. Ada cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir dengan mudah dan cepat. Kali ini akan dibahas mengenai petunjuk cara yang bisa diikuti agar akun bisa diakses kembali.

Penyebab Akun Diblokir

Sebelum bicara tentang cara memulihkan akun TikTok yang diblokir, mari pahami dulu apa saja penyebab pemblokiran tersebut. Tentunya pihak TikTok tidak akan melakukan pemblokiran jika tidak ada alasan yang jelas. Berikut ini adalah beberapa penyebab akun TikTok harus diblokir:

  • Mengunggah video yang mengandung unsur pornografi dan telanjang.
  • Menampilkan konten yang mengandung hal-hal tentang narkoba.
  • Mengunggah konten yang di dalamnya terdapat ujaran kebencian.
  • Memperlihatkan konten yang berbau SARA.
  • Menampilkan konten yang di dalamnya memuat informasi hoax atau bohong.

Pengguna TikTok diharapkan bisa menggunakan platform ini dengan bijak. TikTok telah mengeluarkan banyak aturan agar pengguna bisa saling berkreasi di platform ini dengan nyaman. Apabila peraturan tersebut dilanggar maka akun terpaksa harus diblokir. Biasanya proses pemblokiran akan memakan waktu kurang lebih 2 minggu.

Baca Juga :  2 Cara Menggabungkan Video di TikTok yang Bisa Dipakai

Cara Mengembalikan Akun yang Terblokir

Jika akun sudah terlanjur terblokir, maka apa yang bisa dilakukan untuk mengembalikannya seperti semula? Ada beberapa langkah yang bisa dicoba oleh para pengguna agar akun TikTok-nya bisa diakses kembali. Berikut adalah cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir:

1. Hubungi Pusat Pengaduan

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah langsung menghubungi pusat pengaduan layanan TikTok. Pengguna bisa menghubungi lewat email [email protected] atau melalui [email protected] Lewat email tersebut, pengguna bisa bertanya kejelasan pemblokiran akun. Mintalah pihak TikTok untuk memeriksa kembali apakah memang akun melanggar aturan dan harus diblokir atau tidak.

Jika pengguna memang merasa tidak melakukan pelanggaran apapun, maka jelaskan secara lengkap kronologi pemblokiran akun. Mintalah pihak TikTok untuk segera memulihkan akun seperti semula. TikTok akan melakukan pengecekan ulang sampai akhirnya memberikan informasi bahwa akun sudah bisa diakses lagi.

Baca Juga :  Cara Mendapat Uang dari TikTok Lite dengan Beberapa Metode

2. Lakukan Verifikasi Usia

Saat akun TikTok terblokir biasanya karena ada konten-konten yang melenceng. Namun bisa saja konten tersebut sebenarnya bisa diunggah dengan adanya verifikasi usia pengguna.  Oleh sebab itu coba lakukan verifikasi usia sehingga pihak TikTok tahu bahwa usia pengguna sudah layak untuk mengakses konten yang dimaksud tadi.

3. Hapus dan Install Ulang

Pilihan cara berikutnya saat akun TikTok terblokir adalah dengan menghapus aplikadi lalu memasangnya kembali. Proses hapus dan install ulang ini biasanya bisa bekerja secara efektif memperbaiki akun saat terblokir. Biasanya akses ke akun terhambat karena aplikasi perlu diperbarui dengan cara pemasangan ulang. Disarankan pula untuk melakukan update aplikasi secara teratur untuk mencegah kendala akses.

Baca Juga :  Inilah Cara Salin Tautan di Tiktok Paling Mudah Untuk Download dan Share

Jika akun TikTok sudah kembali dan pemblokiran selesai maka pastikan untuk memakai akun tersebut dengan lebih hati-hati. Proses pemblokiran bisa saja terjadi lagi sehingga pengguna harus sangat berhati-hati. Hindari mengunggah konten-konten yang melanggar aturan dari TikTok. Selain itu pastikan tidak melakukan spam karena hal ini juga bisa menjadi indikator bagi TikTok untuk memblokir sebuah akun.

Itulah tadi petunjuk cara mengembalikan akun Tiktok yang diblokir. Cepat atau tidaknya proses pengembalian akun ini bisa tergantung banyak hal. Misalnya seperti jenis pelanggaran yang sudah dilakukan dan lama pemrosesan oleh pihak TikTok. Tunggu saja sampai ada notifikasi yang menyebutkan bahwa akun memang sudah bisa dipakai lagi.