Ukuran Resolusi Video Tiktok Sesuai Kebutuhan Yang Perlu Diketahui

Banyak orang yang tertarik untuk menggunakan sosial media Tiktok lantaran beberapa hal yang ditawarkan. Selain bisa menggunakan berbagai fitur, Tiktok juga termasuk dalam aplikasi gratis untuk dinikmati oleh berbagai kalangan. Namun untuk kebutuhan memposting sebaiknya pengguna memperhatikan resolusi video Tiktok supaya hasil yang diperoleh juga bagus dan tidak pecah.

Terlebih lagi jika yang diposting baik dalam bentuk Feed maupun Story merupakan sebuah promosi dari suatu produk tertentu. Maka bisa-bisa pengguna lain enggan untuk melirik produk tersebut. Untuk itu beberapa hal perlu diperhatikan termasuk ukuran resolusi dari video yang dibuat serta lainnya. Berikut beberapa anjuran terkait ukuran video Tiktok untuk sejumlah kebutuhan:

1. Untuk Kebutuhan In Feed

Agar tampilan dari video yang pengguna buat di aplikasi Tiktok bisa seperti layaknya video sungguhan yang terdapat pada iklan. Maka pengguna perlu memperhatikan dan menyesuaikan spesifikasi dari ukuran resolusi video Tiktok yang telah direkomendasikan.

Apabila tidak dilakukan proses penyesuaian tersebut kemungkinan akan tampilan video seperti terpotong, kemudian miring dan lainnya bisa saja terjadi. Adapun anjuran ukuran ketika ingin membuat video di Feed aplikasi Tiktok adalah seperti berikut:

  • Hal pertama yang perlu diperhatikan oleh pengguna adalah ukuran dari rasio aspek, dimana anjurannya adalah 9:16, kemudian ada juga 1:1 dan yang terakhir adalah 16:9.
  • Sementara untuk pilihan resolusinya meliputi ukuran 720 X 1280 pixel, lalu bisa juga menggunakan ukuran 640 x 640 pixel. Jika kurang cocok pengguna juga bisa memilih 1280 x 720 pixel.
  • Untuk kebutuhan file, pengguna bisa memakai pilihan seperti MP4, lalu bisa juga dengan MPEG, atau MOV dan lainnya.
  • Panjang video atau banyak yang menyebutnya durasi yang dianjurkan adalah sekitar 5 sampai dengan 16 detik saja.
  • Ukuran besar video tersebut tidak melebihi angka 500 MB.

2. Untuk Kebutuhan Story News Feed Series

Aplikasi Tiktok ternyata juga menyediakan layanan berupa umpan suatu berita. Dimana video iklan tersebut mempunyai rasio yang tidak sama layaknya iklan yang terdapat pada Feed. Adapun daftar spesifikasinya bisa disimak dalam pembahasan berikut:

  • Pertama untuk ukuran rasio aspek pengguna bisa memilih antara 16:9 maupun yang berukuran 1:1.
  • Untuk ukuran jenis file yang bisa pengguna pakai adalah sama seperti video iklan yang ada di Feed.
  • Sebenarnya untuk ukuran resolusi video di sini tidak memiliki batasan, namun dianjurkan supaya pengguna memakai resolusi di atas dari 720 x 1280 pixel.
  • Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan video singkat dengan durasi berapa saja. Namun tetap harus memperhatikan rentang waktunya antara 5 sampai dengan 60 detik.
  • Sama seperti video In Feed, untuk ukuran video tidak diperbolehkan melebihi batas ukuran sebesar 500 MB.

Di samping itu, pengguna juga perlu untuk memperhatikan deskripsi dari postingan video yang telah dibuat. Misalnya seperti batas karakter yang dipakai mempunyai anjuran sebanyak 12 sampai dengan 100 karakter dalam bahasa Inggris. Sebenarnya deskripsi dengan karakter yang lebih panjang bisa saja dilakukan. Namun resikonya bisa saja terpotong pada bagian akhir sehingga kata-kata yang dibuat terkesan menggantung.

Demikian pembahasan mengenai spesifikasi resolusi video Tiktok yang perlu diketahui. Pasalnya beberapa hal cukup berpengaruh terhadap hasil akhir dari video yang nantinya bakal diposting baik dalam bentuk Feed maupun Story News. Jika tidak disesuaikan dengan rekomendasi bisa saja video yang telah dibuat akan tampil dalam keadaan miring, bisa saja terpotong pada beberapa bagian dan lainnya.