Ukuran Thumbnail Youtube Yang Pas Untuk Dipakai

Apa Itu Thumbnail YouTube?

Saat kamu membuka halaman dashboard YouTube, kamu akan melihat banyak gambar kecil yang dapat kamu klik dan mengarah ke sebuah video kan? Nah, gambar itulah yang dinamakan thumbnail. Selain di homepage, YouTube pada umumnya menampilkan beberapa gambar tersebut di halaman video, yakni pada bagian kanan halaman (bila kamu membuka video dalam model standar) dan diakhir pemutaran video sebagai suggestions.

Terdapat dua tipe thumbnail yang dapat kamu tentukan.

1. Default atau automatic thumbnail.

Apabila setelah selesai mengupload video, kamu akan memperoleh tiga opsi thumbnail automatis yang diambil dari bagian video kamu.

2. Custom thumbnail

Yaitu sebuah gambar yang kamu buat sendiri dan diupload untuk menggantikan automatic thumbnail.

Peran dan Manfaat Thumbnail

Lalu, apa peranan dan manfaat dari thumbnail tersebut? Silahkan kamu baca secara detail berikut ini :

Memberikan Gambar Singkat Tentang Video Kamu

Seperti cover sebuah buku Thumbnail memberikan sebuah deskripsi singkat yang mewakili keseluruhnya content video Anda kepada para penonton. Selain sebuah gambar, kamu bisa juga menambahkan sebuah tulisan sehingga membuatnya semakin informatif.

Menarik Perhatian Pengunjung

Walau terdapat pepatah terkenal yang mengatakan “don’t judge a book by its cover”, hal itu tidak seutuhnya berlaku untuk video YouTube kamu. Karena pada kenyataannya thumbnail adalah aspek khusus yang menentukan impresi pertama penonton video kamu dan memberikan keyakinan mereka untuk melihat video kamu.

Meningkatkan Conversion Rates

Saat video kamu di share, baik itu di situs atau media sosial, thumbnail akan diperlihatkan sebagai sampul video kamu. Semakin memikat dan interaktif thumbnail yang kamu tentukan, makin besar juga peluang video kamu mendapat views dan trafik yang semakin tinggi.

Berapa Ukuran Thumbnail Youtube yang Pas?

Untuk kamu yang tertarik membuat custom thumbnail, jangan lupa lihat ukuran supaya sesuai dengan standard YouTube. Nah mengarah ke referensi dari YouTube Studio App Help Center, detilnya ialah seperti berikut ini :

  • Resolusi gambar 1280×720 dengan lebar minimum 640 pixels
  • Format gambar yang bisa diunggah meliputi JPG, GIF, BMP, atau PNG
  • Ukuran maksimal file gambar Anda adalah 2MB
  • Gambar memiliki aspek rasio 16:9

Trik dan Tips Membuat Thumbnail YouTube

Apakah kamu siap untuk membuat thumbnail YouTube di video kamu, baca dahulu beberapa trik dan tips berikut ini :

1. Pahami Aturan

YouTube memiliki pedoman komunitas yang mengatur mengenai thumbnail. Yakinkan kamu telah mematuhi beberapa aturan itu supaya thumbnail kamu dapat diterima atau bahkan dihapus oleh YouTube. Sebagai contoh, YouTube sangat melarang beberapa konten yang berkaitan dengan kekerasan, pornografi, hate speech, dan beberapa hal terlarang yang lain untuk diperlihatkan di dalam thumbnail.

2. Gunakan Template Terbaik

Jika kamu merasa bingung bagaimana trik untuk membuat thumbnail yang kece dan menarik, kamu tidak perlu merasa cemas. Terdapat beberapa online tools atau mobile apps yang dapat menolong kamu untuk membuat desain thumbnail layaknya youtuber profesional. Beberapa pilihan tools terbaik salah satunya ialah :

  • Canva — web browserdesktop app, dan mobile app
  • Snappa — web browser
  • Adobe Spark — web browser dan mobile app
  • PicMonkey — web browser dan mobile app
  • Crello — web browserdesktop app, dan mobile app
  • Placeit — web browser
  • PixTeller — web browser

3. Padukan Gambar dengan Grafis 

Salah satunya langkah yang banyak di gunakan untuk membuat thumbnail YouTube menarik ialah memadukan gambar dengan grafis. Untuk gambarnya sendiri, kamu bisa mengambilnya dari cuplikan video. Selanjutnya, kamu dapat menambah komponen grafis untuk membuat lebih unik dan menarik. Nah, langkah ini biasa dipakai oleh youtuber dengan nama channel Blogtips.

 

4. Tambahkan Judul atau Keyword Video Anda

Selain menambah grafis, janganlah lupa tuliskan sebuah judul atau keyword pada video kamu . Menariknya, tulisan tidak hanya akan mengomunikasikan kerangka video kamu, tetapi dapat juga menjadi komponen design yang menarik. Pola ini dipakai oleh beberapa kanal YouTube populer seperti Adidas.

5. Pilih Font yang Tepat

Konsistensi pemakaian font dalam thumbnail juga terbilang penting. Ingat, YouTube bisa juga menjadi saluran terbaik untuk branding, sehingga dapat digunakan untuk memperkenalkan personalitas dan memberikan kesan khas pada merek kamu. Sebagai sebuah ide, channel YouTube milik Nike ini dapatm kamu jadikan contoh.

Saatnya Membuat Thumbnail YouTube Keren 

Saat ini kamu telah faham kan apakah itu YouTube thumbnail beserta manfaatnya untuk video kamu ? Yang jelas, janganlah sampai kerja keras kamu dalam membuat content video menjadi sia-sia dikarenakan hanya menyepelekan sebuah design thumbnail di video kamu.

Disamping itu, jangan lupa untuk menggunakan ukuran thumbnail YouTube yang sesuai dengan detil referensi YouTube Studio App Help Center. Dan untuk menjadikan lebih menarik, tidak ada salahnya lho kamu mencoba beberapa trik dan tips yang telah kami uraikan di atas dan pada kenyataannya sudah banyak sekali tips tersebut diaplikasikan oleh Brand Merek terkenal.