Cara Mudah Melakukan Proses Monetisasi Youtube

Untuk memperoleh penghasilan yang banyak dari platform YouTube, kamu wajib untuk mengetahui dahulu bagaimana cara monetisasi YouTube. Account yang telah berhasil dimonetisasi, akan memperoleh sebuah keuntungan yang besarannya dihitung dari jumlah penonton. Sementara uang tersebut berasal dan didapatkan dari beberapa iklan yang terpasang di video tersebut.

Pada tahun ini, YouTube telah melakukan peluasan penerimaan beberapa pundi account yang dimonetisasi. Tidak hanya sebatas melalui iklan, akan tetapi ada pula melalui beberapa cara lain, semacam jadi partner, merchandise, dan sebagainya . Maka kamu akan bisa memperoleh pendapatan dari YouTube.

Tetapi, ada beberapa yang harus diingat, untuk melakukan proses monetisasi account bukan hal yang terbilang mudah. Terdapat banyak persyaratan yang perlu kamu penuhi dan harus sesuai dengan ketetapan dan ketentuan monetisasi dari YouTube.

Berikut ini akan kami berikan informasi dan keterangan secara ringkas yang berkenaan dengan hal-hal persyaratan dan cara monetisasi YouTube.

Monetisasi Youtube ialah proses cara menghasilkan uang dari video-video YouTube yang diupload dengan mengaktifkan sejumlah fitur iklan di dalam video yang kita unggah. Akan tetapi, dapat dipastikan bahwa tidak semua video yang kita unggah dapat disisipkan iklan, hal tersebut dikarenakan hanya video paling populer serta cara tertentu saja yang akan memperoleh penghasilan monetisasi paling besar dari iklan di Youtube.

Baca Juga :  Cara Live Streaming Game di YouTube dengan Gawai dan PC

Tujuan advertiser menaruh modalnya dengan berpromosi di YouTube adalah untuk mencapai dan menjangkau lebih banyak audience atau juga memperoleh reputasi yang semakin tinggi. Oleh karenanya, pihak YouTube juga akan menaruh iklan di video yang mempunyai jumlah penonton banyak dan account yang konsisten dalam mengupload content mereka.

Account dengan jumlah penonton yang melonjak serta memiliki jam tayang tinggi akan memberikan keuntungan untuk bisnis YouTube. Dengan cara itu mereka tidak enggan bahkan segan untuk membagi monetisasi keuntungan yang didapatkan dari iklan ke inisiator terkenal di YouTube.

Oleh karena nya, terdapat banyak cara dan persyaratan monetisasi Youtube yang perlu dipenuhi sebuah account supaya dapat diizinkan untuk memperoleh keuntungan dari monetisasi ini.

Syarat monetisasi YouTube

Sebelum kami mengulas mengenai cara monetisasi YouTube, kamu pun harus memerhatikan persyaratan yang diminta oleh pihak terkait. YouTube tentu saja akan menerima permintaan proses monetisasi account yang populer karena efeknya akan signifikan bagi bisnis.

Indikator signifikan itu sendiri dilihat dari reputasi sebuah account yang bisa mengundang perhatian banyak penonton, serta isi content yang ada pada account tersebut.

Account yang telah sukses melakukan proses monetisasi itu bisa disebut dengan YouTube Partner.

Oleh karenanya, telah dibuat sejumlah ketentuan syarat monetisasi Youtube untuk beberapa kreator video yang ingin memperoleh bayaran dari account-nya,  beberapa di antaranya adalah :

  • Mengikuti segala aturan dan kebijakan dari monetisasi YouTube. Kebijakannya beragam, mulai dari pembatasan konten yang tidak boleh berisi kekerasan, pornografi, sampai memastikan kalau konten yang diunggah tidak melanggar hak cipta.
  • Tinggal di negara atau wilayah tempat program YouTube Partner tersedia. Dalam hal ini Indonesia termasuk ke dalam lingkup wilayah tersebut.
  • Memiliki lebih dari 4.000 jam tayang selama 12 bulan terakhir. Artinya jumlah jam tayang kontenmu kalau ditotal telah mencapai 4.000 jam.
  • Punya lebih dari 1.000 subscribers.
  • Terhubung dengan akun AdSense.
Baca Juga :  Cara Membuat Banner Youtube di Android di Picsart Mudah 100% Berhasil

Walaupun kamu telah memenuhi persyaratan di atas, bukan sebuah jaminan jika monetisasi account akan diterima oleh pihak YouTube. bahkan beberapa juga ada yang ditolak lho!

Cara Aktifkan Google AdSense

Hal yang paling penting ialah kamu harus aktifkan terlebih dahulu monetisasi atau istilah lain aktifkan Google AdSense. Berikut beberapa tahapan cara aktifkan Google AdSense :

  • Klik ikon akun YouTube di pojok kanan atas
  • Masuk ke pilihan “Creator Studio”
  • Di bagian kiri menu pilih “Channel”
  • Lalu klik “Status and features”
  • Klik enable di pilihan “Monetization”
  • Lalu ikuti perintah yang tertera di halaman tersebut

Kemungkinan besar hal yang membuat proses monetisasi ditolak oleh pihak YouTube disebabkan oleh account yang kamu miliki mungkin tidak memenuhi kebijakan dan syarat yang diminta oleh pihak Youtube. Tapi tenang saja, bila account mengalami masalah ditolak, kamu dapat melakukan registrasi kembali pada kurun waktu 30 hari sesudahnya.

Baca Juga :  Cara Membuat Situs URL Youtube Untuk Dibagikan Ke Sejumlah Media

Cara monetisasi YouTube 

Sesudah memastikan bahwa kamu telah memenuhi beberapa syarat, dan pendaftaran Google AdSense YouTube kamu telah diterima, berikut sejumlah cara monetisasi YouTube yang dapat kamu tentukan.

Berdasar ketentuan YouTube pada tahun 2019 lalu, cara monetisasi tidak hanya melalui iklan saja, tapi juga ada beberapa cara yang lain, melalui Membership channel, Super Chat, Merchandise, dan YouTube Premium.

1. Dari iklan atau Google AdSense 

Cara monetisasi Youtube berikut ini yaitu dengan memercayakan dan mengandalkan iklan sebagai penghasilan utama. Kamu dapat mengatur iklan yang akan tampil di kontenmu dan letak posisi dimana iklan itu akan ditayangkan.

Feature ini akan tersedia apabila registrasi account Google AdSense telah disepakati dan diterima oleh pihak YouTube.

Persyaratan khususnya, pemilik account setidaknya harus berusia minimal 18 tahun atau setidaknya mempunyai seorang wali yang umurnya telah memenuhi syarat tersebut. Ini terkait dengan persyaratan serta proses penerimaan uang dari beberapa iklan yang akan tayang.

Baca Juga :  Begini Cara Melihat Video yang Disembunyikan di YouTube Paling Gampang

Cara memasangkan iklan di YouTube juga tidak dapat dipasangkan dengan cara asal-asalan karena kamu harus memenuhi syarat yang dibuat oleh pihak advertiser.

Disamping itu, yakinkan juga bahwa cara kamu dalam menempatkan content untuk dapat memperoleh monetisasi dari Youtube harus sesuai iklannya juga. Misalkan jika kamu ingin mengatur iklan seputar tempat wisata, jangan pernah mencoba untuk menempatkan di content informasi duka ya.

2. Membership Channel 

Kalau yang ini, kamu akan memperoleh bayaran dari account seseorang yang tercatat sebagai anggota account kamu. Mekanismenya ialah membermu akan memberikan bayaran tiap bulannya untuk menikmati beberapa konten berkualitas yang kamu pasarkan.

Syarat terutamanya ialah, berumur minimum 18 tahun dan mempunyai lebih dari 30.000 subscriber.

Demikianlah informasi mengenai cara monetisasi YouTube yang dapat kamu lakukan untuk memperoleh uang tambahan dari content YouTube. Mudah-mudahan berguna !

Check Also

7 Cara Terbaik untuk Menambah Viewer YouTube

Mendapatkan banyak viewer di Youtube merupakan sebuah mimpi semua kreator content di YouTube. Kemungkinan kamu …