083 kartu apa
083 kartu apa

Ketahui 083 Kartu Apa dan Nomor Prefix dari Operator Lainnya

Semua pengguna telepon seluler pasti pernah mendapatkan telepon dari nomor tidak dikenal. Pasti hal tersebut akan membuat sangat penasaran. Contohnya, saat penelepon memiliki nomor awalan 083, lalu muncul pertanyaan 083 kartu apa? Karenanya simak pembahasan berikut ini untuk mengetahui operator ponsel dari nomor tidak dikenal.

083 Kartu Apa?

Di Indonesia sendiri terdapat 5 operator seluler yang skalanya besar dan penggunanya banyak. Kemungkinan besar orang Indonesia pasti menggunakan satu diantara lima pilihan operator seluler tersebut. Setiap operator memiliki nomor terdepan yang menjadi ciri khas tertentu dari operator tersebut. Nomor tersebut dinamakan prefix.

Beberapa operator akan memiliki nomor prefix yang serupa untuk semua nomor dari perusahaannya. Namun ada beberapa pula yang mengeluarkan nomor yang berbeda. Biasanya hal tersebut dilakukan untuk perusahaan yang menerbitkan banyak produk. Atau beberapa diantaranya malah memiliki nomor prefix yang sama meski dari provider yang berbeda.

Lalu 083 kartu apa? Jawabannya ada satu yaitu kartu Axis. Nomor yang diawali dengan nomor 083 adalah nomor yang diterbitkan hanya oleh operator Axis. Axis sendiri menerbitkan 4 variasi nomor yang akan diberikan sesuai dengan produk yang digunakan oleh pelanggannya. Namun semua nomor Axis akan diawali dengan 083.

Daftar Kartu Provider dan Nomor Prefixnya

Setiap operator memiliki nomor prefix yang berbeda untuk diberikan kepada pelanggan. Nomor prefix yang nantinya akan mempermudah pelanggan untuk membedakan operator satu dengan operator lainnya. Untuk itu, perlu diketahui daftar nomor-nomor prefix setiap operator seluler. Daftar nomor prefix dan kartu providernya akan dijelaskan berikut ini:

1. Axis

083 kartu apa? Ya, jawabannya adalah kartu Axis. Kali ini di nomor satu pada daftar provider akan dibahas tentang Axis. Axis sendiri merupakan provider yang sudah lumayan lama berada di Indonesia. Provider Axis sudah memulai perjalanannya sebagai provider lokal di Indonesia sejak tahun 2008. Cukup lama bukan.

Sebagai operator selular lokal, cukup banyak warga Indonesia yang mengandalkan Axis sebagai providernya. Ditambah lagi Axis baru saja bergabung dengan perusahaan Axiata yang juga merupakan pemilik provider XL Axiata. Setelah melakukan penggabungan, Axis digadang sebagai provider yang memiliki harga rakyat namun kualitasnya bisa diadu.

Nomor prefix yang digunakan oleh Axis terdiri dari 4 nomor sebagai berikut:

  • Awalan 0831 untuk pengguna yang menggunakan nomor Axis Regular.
  • Kode awalan 0832 juga diberikan untuk pengguna yang menggunakan kartu Axis.
  • Nomor 0833 juga akan dimiliki oleh pengguna kartu Axis Regular.
  • Selain ketiga nomor diatas, nomor dengan awalan 0838 juga merupakan tanda bahwa nomor tersebut milik pengguna Axis.

2. XL Axiata

Di nomor dua, ada operator XL Axiata. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, XL Axiata merupakan perusahaan yang melakukan penggabungan dengan Axis. Hanya saja, setelah melakukan penggabungan, kedua perusahaan ini tetap menggunakan namanya masing-masing. Banyak pelanggan yang tidak menyadari bahwa keduanya telah bergabung.

Dari segi pengalaman, perjalanan XL sebagai perusahaan provider jauh lebih panjang jika dibandingkan dengan Axis. XL memulainya 19 tahun lebih dahulu sebelum Axis diciptakan. Karenanya, tidak heran jika XL Axiata memiliki banyak pelanggan hingga saat ini. 

XL Axiata memiliki beberapa nomor prefix yang diberikan pada nomornya sebagai berikut, nomor XL dengan prefix 0817. 0818, 0819, 0859. 0877, 0878.

3. Tri

Di nomor tiga, ada provider yang bernama Tri. Tri sendiri merupakan operator yang muncul hampir bersamaan dengan Axis. Provider Tri memulai perjalanannya sebagai provider lokal sejak tahun 2003. Pengguna Tri hingga saat ini sudah lebih dari 40 ribu dan tersebar di seluruh Indonesia.

Tri sering disebut sebagai providernya rakyat Indonesia. Mengapa begitu? Hal ini ternyata dimunculkan dari harga layanan yang diberikan oleh Tri sangatlah ramah di kantong. Pengguna benar-benar tidak memerlukan biaya yang sangat besar bahkan untuk menikmati layanan terbaik dari operator Tri ini. 

Operator 3 sendiri memiliki ciri khas dari nomor prefixnya, bisa dilihat sebagai berikut: 0895, 0896, 0897, 0898, 0899.

4. Telkomsel

Selanjutnya adalah provider yang sudah digunakan sejak tahun 1997. Ya, provider ini adalah Telkomsel yang diterbitkan oleh Telkom Indonesia. Dalam pelayanannya, Telkomsel dianggap sebagai provider yang paling diandalkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, jaringan Telkomsel mencakup hampir seluruh provinsi di Indonesia.

Selain itu, jaringan Telkomsel bisa dikatakan sebagai jaringan yang paling stabil. Pelanggan jarang mengeluhkan jaringan yang sering ngadat atau bermasalah. Hanya saja, dari segi harga, Telkomsel memiliki standar yang tinggi untuk pelayanannya.

Nomor Prefix yang dimiliki Telkomsel antara lain:

  • 0811 untuk nomor Telkomsel dengan produk kartu Halo.
  • 0812 untuk nomor Telkomsel dengan produk kartu Halo.
  • 0813 untuk nomor Telkomsel dengan produk kartu Halo.
  • 0821 untuk nomor Telkomsel dengan produk kartu SimPati.
  • 0822 untuk nomor Telkomsel dengan produk kartu SimPati.
  • 0823 untuk nomor Telkomsel dengan produk kartu AS.
  • 0852 untuk nomor Telkomsel dengan produk kartu AS.
  • 0853 untuk nomor Telkomsel dengan produk kartu AS.
  • 0851 untuk nomor Telkomsel dengan produk bernama By.U yang merupakan perubahan dari Flexi.

5. Indosat

Jika dilacak dari perusahaan akarnya, Indosat menjadi perusahaan provider yang paling tua di Indonesia. Bahkan merupakan yang pertama dalam bisnis ini. Bagaimana tidak, indosat telah berjalan sejak tahun 1967. Awalnya perusahaan ini diluncurkan dengan nama Indonesian Satellite Corporation hingga akhirnya dilebur dengan Ooredoo Hutchison Asia.

Seperti Telkomsel, Indosat memiliki jaringan yang cakupannya meliputi hampir semua wilayah di Indonesia. Bahkan penggunaan Indosat sebagai operator sudah bisa menjangkau daerah-daerah yang masih terpencil.

Indosat memiliki beberapa nomor prefix khusus sebagai berikut:

  • 0814 untuk produk Indosat M2 Broadband.
  • 0815 untuk produk Matrix dan Mentari.
  • 0816 untuk produk Kartu Matrix dan Mentari.
  • 0855 untuk produk Matrix.
  • 0856 untuk produk IM3.
  • 0857 untuk produk IM3.
  • 0858 untuk produk Mentari.

6. Smartfren

Yang terakhir merupakan operator yang memulai perjalanannya dari sebuah kartu CDMA. Kini Smartfren sudah menjadi kartu GSM yang juga tak kalah diminati dengan provider GSM yang lainnya. Smartfren telah memulai perjalanannya sejak tahun 2002.

Sebenarnya, Smartfren adalah dua perusahaan yang berbeda yaitu Smart dan Fren. Namun saat berubah menjadi GSM, keduanya melebur menjadi satu perusahaan. Perusahaan tersebut yang kini dikenal begitu luasnya dengan nama Smartfren.

Smartfren juga memiliki beberapa nomor prefix sebagai berikut:

  • 0889
  • 0881
  • 0882
  • 0883
  • 0884
  • 0885
  • 0886
  • 0887
  • 0888

Mengapa Nomor Prefix Berbeda?

Mengapa nomor prefix setiap operator berbeda? Tentu saja untuk menjadi identitas khusus operator tersebut. Jika nomor sama, tentu operator satu dengan operator lain akan sulit dibedakan bukan? Nomor prefix juga menjadi hak milik operator tersebut. Operator lain tidak akan memiliki nomor prefix dengan angka yang sama kecuali ada beberapa kondisi.

Selain itu, perbedaan nomor prefix juga bisa disebabkan oleh perbedaan jenis kartu yang digunakan oleh pelanggan. Misalnya, salah satu perusahaan menerbitkan beberapa produk kartu provider. Contohnya, 083 kartu apa? Jawabannya adalah axis, tapi jika dilihat dari nomor belakangnya, akan ada empat nomor berbeda sesuai dengan jenis produk yang digunakan.

Selain itu, biasanya setiap provider menerapkan sistem lokasi. Jadi nantinya, nomor prefix akan dibedakan sesuai dengan daerah tempat pelanggan membeli kartu operator. Dalam hal ini, nomor prefix dapat berguna sebagai nomor penanda lokasi atau kode lokasi. Jadi dari nomor tersebut bisa diketahui pemiliknya berada di daerah mana di Indonesia.

Jadi, sudah terjawab bukan 083 kartu apa? Jawabannya adalah kartu Axis seperti yang sudah dibahas di atas. Selain mengetahui nomor dengan operator Axis, ada juga daftar nomor dari seluruh provider lokal Indonesia. Dengan begitu, pelanggan bisa mengetahui nomor tersebut berasal dari operator apa, bahkan dari daerah mana.