Begini Alasan Kenapa YouTube Lemot Serta Tips Mengatasinya

Siapa yang tidak mengenal YouTube? Di era modern sekarang, YouTube merupakan suatu media berbagi video yang cukup terkenal. Kemungkinan, hanya orang yang belum mendapat akses internet saja yang tidak mengetahui YouTube. Meskipun punya nama yang besar, ternyata YouTube juga bisa Lemot. Bagaimana bisa? Simaklah ulasan kenapa YouTube lemot serta tips mengatasinya berikut:

Kenapa YouTube Lemot?

Saat sedang bersantai dan menonton YouTube, seseorang pasti akan kesal jika video yang sedang ia tonton berhenti karena buffering. hal tersebut disebabkan putusnya koneksi antara smartphone dengan server yang memuat konten yang sedang ditonton atau sambungan yang lambat antar keduanya. Sebenarnya hal tersebut bukan sepenuhnya salah google maupun YouTube.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kenapa youTube lemot itu terjadi, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. ISP yang digunakan

Pengguna umum biasanya menggunakan layanan internet untuk terhubung ke internet. layanan tersebut disediakan oleh pihak Internet Service Provider yang disingkat dengan ISP. Setiap provider memiliki kualitas internetnya masing-masing sehingga pengalaman yang dirasakan konsumen akan berbeda tergantung provider apa yang digunakan.

ISP atau Provider Internet ini sebagai pemegang peranan kunci dalam mengatur kecepatan akses pengguna ke server pusat dari video yang dilihat. Jadi jika terasa lambat ketika menonton video ada kemungkinan ada kendala dari provider yang digunakan. Pilihlah provider yang memang terbukti memiliki jaringan yang cepat.

2. Kualitas Video Terlalu Tinggi

Selain dari kesalahan ISP, ternyata kualitas video yang ditonton juga sangat mempengaruhi. Semakin tinggi kualitas video yang ditonton, semakin besar pula jumlah data yang dibutuhkan, inilah yang membuat video terasa lambat. Jika paketan yang dibeli memiliki kuota yang menipis, ada kemungkinan penerimaan data berkurang dan akan sulit dilakukan dengan kapasitas yang besar.

Tips Mengatasi YouTube Lemot

Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan dalam upaya mengatasi YouTube agar tidak lemot. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Bersihkan Cache

Cache adalah suatu ruang yang berada dalam memori untuk dijadikan sebagai media penyimpanan konten pada memori untuk sesaat. Konten atau media yang tersimpan disini bisa digunakan tanpa perlu memuat ulang konten yang sama. Pada aplikasi YouTube, riwayat tontonan akan berada dalam cache tersebut.

Jika cache ini sudah menumpuk, ada kemungkinan untuk memperlambat performa dari aplikasi YouTube tersebut. Lakukan pembersihan cache secara berkala agar performanya bisa stabil. Caranya dengan pergi ke menu settings dan pilih bagian privacy dan history. Pilih menu clear watch history dan otomatis riwayat video yang sudah ditonton akan terhapus dengan cache-nya.

2. Turunkan Kualitas Video

Jika tips di atas masih belum cukup ampuh, tips kedua yang bisa dilakukan yakni dengan menurunkan kualitas video. Resolusi video yang tinggi bisa jadi penyebab melambatnya video yang sedang ditonton karena kecepatan internet yang tidak bisa mengimbanginya. Untuk itu turunkan resolusi hingga video lancar, namun konsekuensinya adalah video yang dilihat akan kurang detail.

3. Restart Internet

Tips terakhir yang mungkin ampuh digunakan untuk mengatasi youtube lemot adalah dengan menyalakan ulang internet. Pada beberapa kasus cara ini ampuh dan membuat kecepatan internet kembali stabil dan lebih tinggi daripada sebelumnya. Kecepatan internet yang meningkat membuat penerimaan data yang bisa dilakukan akan lebih besar dan video bisa ditonton dengan lancar tanpa hambatan.

Begitulah penjelasan singkat mengenai kenapa YouTube lemot dan cara mengatasinya. Permasalahan lemot ini bukan sepenuhnya salah dari penyedia layanan, dan bisa jadi dari pengguna itu sendiri. Jadi alangkah baiknya untuk mengecek device dan internet yang digunakan terlebih dahulu.

https://ctdip-uat.who.int/ Kunjungi Link Nonton Film gartis INDOXXI, tersedia movie terbaru dunia21 lk21, ganool yang bisa anda totonton secara gratis.